Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/970
Title: Implementasi Metode Simak Audio Terhadap KualitCIs Hafalan Al-Qur'an Sispa SMPIT Ash-Shibgoh Tangerang
Authors: Farah Dilla Marfiah, 15311578
Advisor: Siti Shopiyah
Issue Date: Aug-2019
Publisher: Institut Ilmu Al Quran (IIQ) Jakarta
Abstract: Menghafal Al-Qur`an bukanlah tugas dan perkara yang mudah, artinya tidak semudah membalikan telapak tangan. Salah satu upaya terpenting dalam pembinaan tahfiz Al-Qur`an adalah metode. Sebab metode memiliki peranan penting dan sangat dibutuhkan, Dengan adanya metode akan bisa memudahkan seseorang dalam menghafal Al-Qur`an dan meningkatkan hafalannya secara terprogram. Adapun rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimana implementasi metode simak audio terhadap kualitas hafalan Al-Qur`an di SMPIT Ash-Shibgoh? Untuk menjawab rumusan masalah tersebut digunakan metode penelitian deskriptif analisis dan pendekatan kualitatif. Adapun langkah-langkah yang ditempuh dalam penelitian ini adalah menggunakan teknik observasi, wawancara mendalam dan mengumpulkan dokumentasi yang berkaitan dengan objek penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses penerapan metode simak audio terhadap kualitas hafalan Al-Qur`an yaitu memiliki hasil yang baik, para siswa mampu mengingat hafalan dengan baik sesuai nada murattal yang digunakan ketika menghafal Al-Qur`an . Dengan ditunjang pula oleh program murâja„ah dengan sistem OD3R, OD3P, dan OD5P. Adapun kendala yang dijumpai saat proses pelaksanaan program tahfiz adalah beberapa siswa yang terkadang lupa nada murattal pada awal ayat halaman apabila tidak diperdengarkan terlebih dahulu. Solusi dalam mengatasi kendala implementasi metode simak audio yaitu : Membiasakan diri untuk lebih rajin murâja„ah menggunakan murattal yang digunakan dalam menghafal Al-Qur`an .
URI: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/970
Appears in Collections:Skripsi S1 Pendidikan Agama Islam

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
15311578.pdf3.2 MBAdobe PDFView/Open


Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.