Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/976
Title: Pengaruh Pemahaman Mata Pelajaran Budi Pekerti Islam (BPI) Terhadap Sikap Spiritual dan Sosial siswa (Studi Kasus Siswa Kelas VIII di SMP Al-Hasra Bojongsari Depok)
Authors: Nahda Habibah, 15311585
Advisor: Abdul Halim Sholeh
Issue Date: 19-Sep-2019
Publisher: Institut Ilmu Al Quran (IIQ) Jakarta
Abstract: Budi Pekerti Islam adalah mata pelajaran yang lebih menekankan kepada Akhlak. Tujuannya adalah untuk pembentukan karakter islami peserta didik. Dengan adanya mata pelajaran budi pekerti islam ini siswa diharapkan dapat mengimplementasikan ilmu agamanya dengan baik, sehingga mereka dapat membatasi diri dari hal-hal negatif yang sangat mengancam diri mereka dan kehidupan mereka. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Populasi yang digunakan yaitu kelas VIII di SMP Al-Hasra Bojongsari Depok sebanyak 50 orang. Instrumen penelitian yang digunakan pada penelitian ini menggunakan kuesioner dengan model Skala Likert. Untuk pengujian data, penulis menggunakan uji product momen. Sedangkan dalam mengolah data, penulis menggunakan alat bantu statistik yaitu SPSS versi 22. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pemahaman mata pelajaran Budi Pekerti Islam (BPI) dikategorikan Baik, dengan hasil rata-ratanya mencapai 27,36. Sikap Spiritual dan Sosial siswa dikategorikan Baik, dengan hasil rata-ratanya mencapai 90,50. Hasil perhitungan nilai rxy = 0,723, kemudian pada tabel “r” product moment dengan db 50 diperoleh nilai pada taraf 5% = 0,273 dan taraf 1% = 0,354 dengan demikian nilai rxy lebih tinggi dibandingkan dengan nilai taraf 5% dan 1%. Maka Ha diterima dan Ho ditolak, yaitu ada korelasi antara Pemahaman Mata Pelajaran Budi Pekerti Islam (BPI) Terhadap Sikap Spiritual dan Sosial Siswa
URI: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/976
Appears in Collections:Skripsi S1 Pendidikan Agama Islam

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
15311585.pdf
  Restricted Access
4.29 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.