Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/987
Title: Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Motivasi Menghafal Al-Qur’an Pada Siswa Kelas IV dan V Bilingual MIN 1 Tangerang Selatan
Authors: Sri Agung Wahyuni, 15311601
Advisor: Sri Tuti Rahmawati
Issue Date: 9-Sep-2019
Publisher: Institut Ilmu Al Quran (IIQ) Jakarta
Abstract: Menghafal Al-Qur’an adalah suatu perbuatan yang sangat mulia dan terpuji. Kegiatan menghafal Al-Qur’an harus mempunyai kecerdasan emosional yang baik. Hal ini terkait dengan motivasi menghafal Al-Qur’an. Permasalahan yang sering terjadi pada siswa terkait menghafal Al-Qur’an adalah terkadang mereka mudah putus asa dan berpersepsi bahwa menghafal Al-Qur’an itu sulit, pada siswa MIN 1 Tangerang Selatan didapati bahwa motivasi menghafal Al-Qur’an siswa bilingual belum tumbuh dari dirinya sendiri melainkan masih harus ada dorongan dari keluarga dan guru hal ini bisa dilihat dari sikap mereka yang kurang serius dalam menyetorkan hafalan Al-Qur’an. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) pengaruh kecerdasan emosional terhadap motivasi menghafal Al-Qur’an di kelas IV dan V bilingual MIN 1 Kota Tangerang Selatan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif korelasional dengan teknik pengambilan sample non probability sampling menggunakan teknik purposive. Sample penelitian 50 siswa. Kecerdasan emosional dan motivasi menghafal Al-Qur’an dalam penelitian ini menggunakan teori Danial Goleman dan alat ukur menggunakan teori sugiyono dengan item valid diatas 0,3 dan nilai reliabilitas 0,707 dengan 15 item valid. Sedangkan motivasi menghafal terdapat nilai riliabilitas 0,860 dengan 16 item valid. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan positif yang signifikan antara variabel X terhadap variabel Y. Yang artinya semakin tinggi kecerdasan emosional siswa maka semakin tinggi pula motivasi menghafal Al-Qur’an siswa, dan begitu pun sebaliknya. Pada perhitungan angka pengaruh antara variabel X dengan variabel Y dengan melihat besarnya pengaruh variabel X terhadap variabel Y dengan cara melihat nilai R square dari tabel model summary diperoleh nilai R square sebesar 33,6% sedangkan 66,4% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.
URI: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/987
Appears in Collections:Skripsi S1 Pendidikan Agama Islam

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
15311601.pdf
  Restricted Access
4.75 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.