Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/989
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorReksiana-
dc.contributor.authorAde Kamalia, 15311603-
dc.date.accessioned2020-08-05T05:27:16Z-
dc.date.available2020-08-05T05:27:16Z-
dc.date.issued2019-08-13-
dc.identifier.urihttp://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/989-
dc.description.abstractTujuan penelitian ini adalah untuk mengungkapkan bahwasanya strategi academic self management membantu siswa dalam belajar untuk menyelesaikan study selama 2 tahun dengan sistem kredit semester (SKS). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan case study. Tempat penelitian di sekolah SMA International Islamic High School Republic of Indonesia (IIHS RI). Sumber data utama adalah bagian akademik sekolah dan empat siswa-siswi kelas XI SMA International Islamic High School Republic of Indonesia (IIHS RI)), kemudian sebagai bagian dari uji triangulasi dalam penelitian ini, data juga diambil dari para muaddib dan muaddibah asrama. Adapun sumber sekunder adalah buku, jurnal, dan skripsi. Dan sumber dokumenter berupa buku panduan SKS dan panduan pengembangan kurikulum sekolah, hasil-hasil observasi yang berupa catatan lapangan selama observasi, dan dokumentasi berupa foto dan audio. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Teknik pengumpulan data berupa observasi partisipatif, wawancara, dokumentasi dan triangulasi data. Dan teknik analisis data menggunakan analisis data secara induktif model Miles and Huberman. Hasil penelitian ini menunjukkan, bahwa upaya peserta didik untuk mencapai keberhasilan dalam strategi academic self managemet dalam program sistem kredit semester (SKS) terbagi menjadi lima aspek, yakni: motivasi diri dilakukan dengan self talk, pemilihan metode belajar sesuai dengan gaya belajar, penggunaan waktu berdasarkan skala prioritas, deadline, dan kerumitan tugas. Kemudian lingkungan fisik dan sosial yang dapat menumbuhkan sikap responsible terhadap diri antar peserta didik, serta peserta didik mengevaluasi diri untuk mengetahui kesesuaian tujuan pembelajaran. Adapun mekanisme pelaksanaan SKS di SMA IIHS sesuai dengan Panduan Pelaksanaan Sistem Kredit Semester yang dipublikasikan oleh pemerintah. Walaupun terkadang secara teknis dalam pelaksanaannya berbeda.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.publisherInstitut Ilmu Al Quran (IIQ) Jakartaen_US
dc.subjectStrategi Academic Self Managementen_US
dc.subjectMenyelesaikan Studyen_US
dc.titleStrategi Academic Self Management Siswa dalam Menyelesaikan Study Selama 2 Tahun dengan Sistem Kredit Semester (SKS) (Studi Analisis Kelas XI SMA International Islamic High School Republic of Indonesia (IIHS RI))en_US
dc.typeSkripsien_US
Appears in Collections:Skripsi S1 Pendidikan Agama Islam

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
15311603.pdf
  Restricted Access
4.99 MBAdobe PDFView/Open Request a copy
15311603_Publik.pdf
  Restricted Access
1.6 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.