Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/997
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorSyahidah Rena-
dc.contributor.authorFatihatur Rahmah, 15311614-
dc.date.accessioned2020-08-05T06:01:26Z-
dc.date.available2020-08-05T06:01:26Z-
dc.date.issued2019-08-02-
dc.identifier.urihttp://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/997-
dc.description.abstractSkripsi ini merupakan hasil penelitian kualitatif yang bertujuan menjawab pertanyaan dari rumusan masalah yaitu bagaimana peran guru Pendidikan Agama Islam terhadap perkembangan mental Anak Autis di SLB Nurasih Ciputat Kota Tangerang Selatan. Data penelitian dalam skripsi ini terdiri dari observasi pembelajaran guru dan siswa berkebutuhan khusus Autis, wawancara secara langsung dengan kepala sekolah dan guru pendidikan agama islam. Dalam penelitian ini didukung dengan dokumentatif secara literatur pendukung yang relevan terhadap permasalahan yang penulis angkat. Selanjutnya, peneliti menganalisis dengan menggunakan metode analisis deskriptif. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SLB Nurasih berbeda dengan sekolah SLB (Sekolah Luar Biasa) pada umumnya, yakni pembelajaran Pendidikan Agama Islam bagi peserta didik Autis dilaksanakan secara bersamaan dengan peserta yang memiliki ketunaan yang lain. Kurikulum yang diterapkan di SLB (Sekolah Luar Biasa) Nurasih Ciputat adalah kurikulum 2013. Berdasarkan hasil wawancara dengan guru Pendidikan Agama Islam tujuan pembelajaran Pendidikan Agama Islam yang diterapkan agar peserta didik mampu menjadi terampil, cerdas, berkarakter, sesuai minat, bakat, prestasi dan potensi yang dimiliki untuk menuju hidup mandiri, berdasarkan iman dan taqwa. Metode pembelajaran pendidikan agama islam yang diterapkan di SLB Nurasih Ciputat adalah metode Ceramah, drill, tanya jawab, demonstrasi dan keteladanan. Dari metode ini semuanya diterapkan dalam pelaksanaan Pedidikan Agama Islam dan disesuaikan dengan masingmasing siswa dengan kebutuhan khusus yang dimilikinya.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.publisherInstitut Ilmu Al Quran (IIQ) Jakartaen_US
dc.subjectPendidikan Agama Islamen_US
dc.subjectAnak Berkebutuhan Khusus (ABK)en_US
dc.subjectAnak Autisen_US
dc.titlePeran Guru Pendidikan Agama Islam Terhadap Perkembangan Mental Anak Autis” di SLB Nurasih Ciputat kota Tangerangen_US
dc.typeSkripsien_US
Appears in Collections:Skripsi S1 Pendidikan Agama Islam

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
15311614.pdf
  Restricted Access
3.32 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.