Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/1007
Title: Pendekatan Peer Teaching dalam Pembelajaran Nahwu dan Shorof dengan Metode Al- Miftah Lil’ulum (Studi Kasus Kelas VIII SMP di Pondok Pesantren Salafiyyah Terpadu Al-Um Bogor)
Authors: Siti Muzdalifah, 15311630
Advisor: Ahmad Dimyathi Badruzzaman
Issue Date: Aug-2019
Publisher: Institut Ilmu Al Quran (IIQ) Jakarta
Abstract: Latar belakang masalah penelitian ini adalah banyaknya para santri yang belum memahami ilmu nahwu dan shorof sehingga menyebabkan para santri cenderung bermalas-malasan mengikuti pelajaran di pesantren. Salah satu penyebabnya adalah strategi yang digunakan dalam pembelajaran nahwu dan shorof tidak dapat mengembangkan semangat para santri dalam mempelajari ilmu nahwu dan shorof. Dari fenomena tersebut, dibutuhkan strategi dan metode yang tepat untuk memahami nahwu shorof, yaitu dengan strategi peer teaching dan metode Al-Miftah Lil’ulum. Dalam hal ini penulis merumuskan masalah yaitu Bagaimana Strategi Peer Teaching Agar Mudah Belajar Nahwu dan Shorof di Pondok Pesantren Salafiyah Terpadu Al-Um dan Apa pengaruh metode Al Miftah Lil‟ulum dalam proses pembelajaran nahwu dan shorof di Pondok Pesantren salafiyah Terpadu Al-Um. Adapun metode pengumpulan datanya menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan deskriptif kualitatif. Hasil yang dicapai dari strategi peer teaching dalam pembelajaran nahwu dan shorof membuat para santri lebih aktif serta dengan adanya metode Al-Miftah Lil’ulum membantu dalam proses pengembangkan para santri memahami kitab berbahasa Arab di pesantren
URI: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/1007
Appears in Collections:Skripsi S1 Pendidikan Agama Islam

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
15311630.pdf
  Restricted Access
3.23 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.