Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/1013
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorAhmad Dimyati-
dc.contributor.advisorPahrurraji-
dc.contributor.authorZuhro, 218430231-
dc.date.accessioned2020-08-07T07:57:00Z-
dc.date.issued2020-
dc.identifier.urihttp://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/1013-
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui pembelajaran modul PAI berbasis Higher Order Thinking Skills (HOTS) melalui media grafis pada materi fiqih zakat di SMA Negeri 6 Kota Tangerang Selatan, mendeskripsikan strategi pengembangan modul PAI berbasis Higher Order Thinking Skills (HOTS) melalui media grafis pada materi fiqih zakat di SMA Negeri 6 Kota Tangerang Selatan, dan mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat dalam pengembangan modul PAI berbasis HOTS melalui media grafis pada materi fiqih zakat di SMA Negeri 6 Kota Tangerang Selatan. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber data diperoleh melalui informan, fenomena, gambar, grafik, bagan dan dokumen. Analisis data menggunakan teknik pengumpulan data, reduksi data, display data dan verifikasi/ kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan: 1). Pembelajaran modul PAI berbasis HOTS melalui media grafis pada materi fiqih zakat di SMA Negeri 6 Kota Tangerang Selatan: (a). prinsip dan aspek pembelajaran efektif sudah terpenuhi karena didukung subyek pendidik yang berperan aktif; (b). aktivitas pembelajaran modul berbasis HOTS melalui media grafis menghasilkan nilai baik dalam pencapaian tujuan pembelajaran; (c). media grafis dapat memudahkan pemahaman dan mengembangkan penalaran peserta didik; (d). proses pembelajaran menggunakan pengembangan modul PAI berbasis HOTS menunjukkan adanya peningkatan hasil pembelajaran di kelas. 2). Strategi pengembangannya meliputi: model pembelajaran berbasis proyek, simulasi tata cara ibadah zakat dan tugas pengayaan membuat laporan karya tulis di lembaga pengelola zakat. 3). Faktor pendukung dan penghambat pengembangan modul PAI berbasis HOTS melalui media grafis pada materi fiqih zakat yaitu: a). Faktor pendukung: keterlibatan peserta didik secara aktif, kesesuaian karakteristik materi dengan strategi pembelajaran, mengimplementasikan ide-ide kreatif, merefleksikan kehidupan nyata, menggunakan media lisan, tertulis dan teknologi, dan sebagai bagian pengamalan ibadah. b). Faktor penghambat: kemampuan mengulang konsep, kesadaran dan tanggung jawab individu, memerlukan banyak waktu, pengaturan jadwal praktek kurang sesuai materi berikutnya tertunda, dan memerlukan tambahan biaya.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.publisherPascasarjana Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakartaen_US
dc.subjectmodulen_US
dc.subjectPAIen_US
dc.subjectHOTSen_US
dc.subjectmedia grafisen_US
dc.subjectfiqih zakaten_US
dc.titlePengembangan Modul PAI Berbasis Higher Order Thinking Skills (HOTS) Melalui Media Grafis Pada Materi Fiqih Zakat di SMAN 6 Kota Tangerang Selatanen_US
dc.typeTesisen_US
Appears in Collections:Tesis S2 Pendidikan Agama Islam

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
218430231-ZUHRO.pdf
  Restricted Access
218430231-Tesis3.24 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.