Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/1015
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorAbdul Halim Soleh-
dc.contributor.advisorSyahida Rena-
dc.contributor.authorMuhammad Ihrom, 218430223-
dc.date.accessioned2020-08-07T08:44:57Z-
dc.date.available2020-08-07T08:44:57Z-
dc.date.issued2020-
dc.identifier.urihttp://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/1015-
dc.description.abstractTujuan penelitian ini adalah mengembangkan bahan ajar farâidh dan implementasinya pada peserta didik kelas XI SMAIT ALBINAA IBS. Hal tersebut dilakukan, karena peneliti ingin mengetahui respon peserta didik terhadap penerapan buku bahan ajar tersebut. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode R&D model Dick dan Carey. Pada uji validitas angket respon siswa menggunakan metode pearson correlation. Pada uji reliabilitas angket respon siswa menggunakan metode cronbach’s alpha. Dari hasil penelitian menjelaskan bahwa pengembangan buku bahan ajar farâidh dapat terlaksana dengan baik dengan melibatkan ahli materi, ahli media pembelajaran, dan peserta didik kelas XI, dengan penyusunan yang sistematis disesuaikan dengan RPP, pembagian materi pada setiap pembahasan, pemberian gradasi warna, dan adanya soal-soal latihan, sehingga buku bahan ajar farâidh dinamakan metode Asy-Syahrâni. Pelaksanaan pembelajaran farâidh di kelas XI berjalan dengan baik. Hal ini dibuktikan dengan hasil uji validasi kesepakatan ahli materi sebesar 0.83 dan hasil uji validasi kesepakatan ahli media sebesar 0.82. Namun, buku bahan ajar farâidh tersebut belum resmi diimplementasikan di SMAIT ALBINAA IBS. Buku bahan ajar farâidh mendapatkan respon positif dari peserta didik, berdasarkan hasil uji validitas angket respon siswa terendah sebesar 0.48, hasil uji realibilitas angket respon siswa sebesar 0.90, dan hasil uji respon siswa sebesar 3.52 sebagai nilai respon positif peserta didik.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.publisherPascasarjana Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakartaen_US
dc.subjectBahan Ajar Faraidhen_US
dc.subjectMetode Penelitian Dan Pengembanganen_US
dc.subjectMetode Asy-Syahranien_US
dc.titleMetode Asy-Syahrani Dalam Pengembangan Bahan Ajar Faraidh Studi Kasus Pada Kelas XI SMAIT Albinaa Islamic Boarding School Bekasien_US
dc.typeTesisen_US
Appears in Collections:Tesis S2 Pendidikan Agama Islam

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
218430223-Muhammad Ihrom.pdf
  Restricted Access
218430223-Tesis28.92 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.