Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/1019
Full metadata record
DC Field | Value | Language |
---|---|---|
dc.contributor.advisor | Esi Hairani | - |
dc.contributor.author | Itsam Samrotul Fuadah, 16311650 | - |
dc.date.accessioned | 2020-08-10T04:28:52Z | - |
dc.date.available | 2020-08-10T04:28:52Z | - |
dc.date.issued | 2020-07-12 | - |
dc.identifier.uri | http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/1019 | - |
dc.description.abstract | Tujuan penelitian ini adalah untuk mendesripsikan bagaimana perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran dan penialian pembelajaran di SD Pelita Bangsa Global Islamic School (GIS) Tangerang Selatan. Hal tersebut dikarenakan peneliti ingin mengetahui bagaimana implementasi pembelajaran inklusif di SD Pelita Bangsa GIS, Tangerang Selatan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan tujuan untuk menyelidiki, menemukan, menggambarkan, memahami, serta menjelaskan dan memusatkan diri secara intensif terhadap pembelajaran inklusif di SD Pelita Bangsa GIS dan didukung dengan sumber data kualitatif sebanyak 5 orang pendidik dan tenaga kependidikan serta 2 orang siswa berkebutuhan khusus di kelas 4. Hasil analisis mengenai implementasi pembelajaran pendidikan inklusif di SD Pelita Bangsa GIS Pamulang Barat Tangsel menunjukan bahwa SD Pelita Bangsa GIS melaksanakan beberapa hal dalam pengimplementasian pendidikan inklusif, yaitu sebagai berikut: 1) SD Pelita Bangsa GIS telah berupaya melakukan perencanaan pembelajaran khususnya pada mata pelajaran Bahasa Arab yang tepat bagi siswa berkebutuhan khusus sebagaimana yang dijelaskan pada buku Pedoman Umum Penyelenggaraan Pendidikan inklusif oleh direktorat PPK-LK Pendidikan Dasar Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan tahun 2014; 2) Pelaksanaan pembelajaran inklusif khususnya pada mata pelajaran Bahasa Arab di SD Pelita Bangsa GIS telah dilakukan dengan baik. Sekolah juga telah memberikan pembelajaran dengan kompetensi-kompetensi fungsional (skill) yang dibutuhkan untuk kemandirian dalam aktivitas kehidupan serta pembiasaan-pembiasaan spiritual untuk menumbuhkan sikap (akhlak), spiritualitas keagamaan serta perkembangan otak dan karakter siswa berkebutuhan khusus; dan 3) SD Pelita Bangsa GIS telah melakukan penilaian dan pelaporan yang relevan dengan apa yang seharusnya dilakukan oleh sekolah penyelenggara program inklusif. Penilaian hasil belajar siswa berkebutuhandalam mata pelajaran Bahasa Arab dilakukan melalui penyesuaian terhadap KKM yang telah ditentukan. Hal unik yang dimiliki sekolah ini adalah memiliki instrumen peniliaian yang berbeda dengan sekolah pada umumnya dan disusun khusus oleh tim inklusif sekolah | en_US |
dc.language.iso | id | en_US |
dc.publisher | Institut Ilmu Al Quran (IIQ) Jakarta | en_US |
dc.subject | Pembelajaran Inklusif | en_US |
dc.title | Implementasi Pembelajaran Inklusif di SD Pelita Bangsa Global Islamic School (GIS), Tangerang Selatan | en_US |
dc.type | Skripsi | en_US |
Appears in Collections: | Skripsi S1 Pendidikan Agama Islam |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
16311650.pdf Restricted Access | 3.1 MB | Adobe PDF | View/Open Request a copy | |
16311650_Publik.pdf Restricted Access | 3.05 MB | Adobe PDF | View/Open Request a copy |
Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.