Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/1036
Full metadata record
DC Field | Value | Language |
---|---|---|
dc.contributor.advisor | Esi Hairani | - |
dc.contributor.author | Laila Nur Habibah, 16311655 | - |
dc.date.accessioned | 2020-08-25T04:45:01Z | - |
dc.date.available | 2020-08-25T04:45:01Z | - |
dc.date.issued | 2020 | - |
dc.identifier.uri | http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/1036 | - |
dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kontribusi guru Pendidikan Agama Islam dalam mengembangkan self control (kontrol diri) pada siswa di SMA Dua Mei Ciputat. Jenis Penelitian yang digunakan merupakan jenis penelitian kualitatif atau bersifat non statistik. Penelitian kualitatif adalah penelusuran secara intensif menggunakan prosedur ilmiah untuk menghasilkan kesimpulan naratif baik tertulis maupun lisan berdasarkan analisis data tertentu. Sumber data dalam penelitian adalah subjek dari mana data dapat diperoleh. Subjek penelitian adalah guru Pendidikan Agama Islam (PAI) SMA Dua Mei. Menurut Averill dalam M. Ghufron menyebutkan kontrol diri dengan sebutan kontrol personal yaitu kontrol perilaku (behavior control), kontrol kognitif (cognitive control) dan mengontrol keputusan (decision control). Kesimpulan dari penelitian ini adalah guru Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMA Dua Mei Ciputat sudah cukup berkontribusi dalam mengembangkan self control (kontrol diri) siswa di SMA Dua Mei Ciputat. Hal ini dapat dilihat bahwa guru PAI sudah berupaya dalam mengembangkan setiap aspek dalam self control (kontrol diri) yaitu Aspek kontrol pengetahuan (cognitive control) dengan memberikan informasi lebih mengenai pengetahuan tentang agama Islam dengan cara mengintegrasikan materi pembelajaran PAI dengan keadaan sekitar, kemudian aspek kontrol perilaku (behavior control) guru PAI memberikan pembiasaan baik kepada siswa di dalam maupun di luar kelas, seperti disiplin, membiasakan siswa shalat berjamaah, serta aspek kontrol keputusan (decision control) yaitu siswa diberi kesempatan untuk berpendapat pada saat diskusi yang dilakukan dengan bimbingan guru PAI, guru PAI juga memberikan bimbingan dan arahan kepada siswa yang melanggar peraturan sekolah. Dari berbagai kontribusi guru Pendidikan Agama Islam (PAI) tentu sangat berpengaruh terhadap perkembangan self control (kontrol diri) siswa, hal ini dapat dilihat dari pembiasaan yang diterapkan oleh guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dapat memberikan perubahan yang positif terhadap siswa, seperti siswa memiliki kesadaran dalam beribadah dan mengikuti kegiatan keagamaan tanpa ada paksaan dari guru PAI, siswa memiliki rasa percaya diri, dan membuat siswa menjadi lebih tertarik untuk memperdalam ilmu agama Islam. | en_US |
dc.language.iso | id | en_US |
dc.publisher | Institut Ilmu Al Quran (IIQ) Jakarta | en_US |
dc.subject | Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) | en_US |
dc.subject | Self Control (Kontrol Diri) | en_US |
dc.title | Kontribusi Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam Mengembangkan Self Control (Kontrol Diri) Siswa di SMA Dua Mei Ciputat | en_US |
dc.type | Skripsi | en_US |
Appears in Collections: | Skripsi S1 Pendidikan Agama Islam |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
16311655.pdf Restricted Access | 2 MB | Adobe PDF | View/Open Request a copy | |
16311655_Publik.pdf Restricted Access | 1.02 MB | Adobe PDF | View/Open Request a copy |
Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.