Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/1041
Full metadata record
DC Field | Value | Language |
---|---|---|
dc.contributor.advisor | Siti Rahma Aziz | - |
dc.contributor.author | Anggi Asmawati, 16311684 | - |
dc.date.accessioned | 2020-08-25T04:54:58Z | - |
dc.date.available | 2020-08-25T04:54:58Z | - |
dc.date.issued | 2020-07-20 | - |
dc.identifier.uri | http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/1041 | - |
dc.description.abstract | Salah satu karakter yang penting yang harus dimiliki seseorang untuk dapat mengaplikasikan potensi yang dimiliki dan mengantarkan seseorang meraih kesuksesan adalah percaya diri. Akan tetapi dalam proses pembelajaran masih ditemukan siswa kurang percaya diri. Hal tersebut merupakan kendala dalam pembelajaran karena siswa yang kurang percaya diri akan takut bereksperimen, tidak kreatif, dan tidak mau mengembangkan kemampuannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan pengajian kelas dalam meningkatkan rasa percaya diri siswa. Tempat penelitian di sekolah SMP Al-Hasra Depok. Sumber data utama adalah kepala sekolah, koordinator keagamaan dan siswa-siswi kelas VII SMP Al-Hasra. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah reduksi data, dipslay data (penyajian data), dan mengambil keputusan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) pelaksanan pengajian kelas ini efektif untuk membantu siswa dalam meningkatkan rasa percaya dirinya karena dalam pengajian kelas terdapat strategi untuk meningkatkan rasa percaya diri siswa dengan memberi kesempatan siswa untuk tampil didepan orang, memberikan pelatihan sebelum tampil kemudian memberikan memotivasi kepada siswa. (2) Pengajian kelas merupakan kegiatan yang efektif untuk meningkatkan rasa percaya diri karena adanya peningkatan rasa percaya diri siswa setelah mengikuti kegiatan pengajian kelas ini, seperti siswa menjadi berani, siswa mengakui kemampuan yang dimilikinya, berpikir positif, dan bertanggung jawab. | en_US |
dc.language.iso | id | en_US |
dc.publisher | Institut Ilmu Al Quran (IIQ) Jakarta | en_US |
dc.subject | Pengajian Kelas | en_US |
dc.subject | Percaya Diri | en_US |
dc.title | Pelaksanaan Pengajian Kelas Dalam Meningkatkan Percaya Diri Siswa di SMP Al-Hasra Depok | en_US |
dc.type | Skripsi | en_US |
Appears in Collections: | Skripsi S1 Pendidikan Agama Islam |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
16311684.pdf Restricted Access | 2.53 MB | Adobe PDF | View/Open Request a copy | |
16311684_Publik.pdf Restricted Access | 974.89 kB | Adobe PDF | View/Open Request a copy |
Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.