Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/1043
Full metadata record
DC Field | Value | Language |
---|---|---|
dc.contributor.advisor | Syahidah Rena | - |
dc.contributor.advisor | Muh. Ubaidillah Al Ghifary Slamet | - |
dc.contributor.author | Athaya Rahmah, 217430206 | - |
dc.date.accessioned | 2020-08-25T04:59:50Z | - |
dc.date.available | 2020-08-25T04:59:50Z | - |
dc.date.issued | 2020 | - |
dc.identifier.uri | http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/1043 | - |
dc.description.abstract | Tesis ini meneliti tentang hubungan antara literasi sains dan motivasi berprestasi dikaitkan dengan hasil belajar PAI. Adapun latar belakang meneliti hal tersebut yaitu, Pendidikan Agama Islam di SMK belakangan ini masih kurang menggembirakan. Dari segi hasil belajar dan motivasi untuk berprestasi dalam pelajaran tersebut masih tergolong rendah jika dibandingkan dengan pelajaran lainnya, terutama pelajaran kejuruan. Pembelajaran Pendidikan Agama Islam juga kurang dikaitkan dengan sains. Hal ini diperparah dengan hasil literasi sains oleh PISA (Program Penilaian Pelajar Internasional) yang didapat negara kita juga sangat rendah. Metodologi yang penulis gunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan metode analisis korelasional. Dalam teknik pengambilan sampel penulis menggunakan random sampling dengan penentuan populasi berjumlah 252 dari 7 kelas dan sampel berjumlah 155 siswa. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan angket, tes, observasi, dokumentasi dan wawancara. Teknik analisis data hasil penelitian menggunakan teknik korelasi rumus Product Moment. Hasil pengujian analisis korelasi menghasilkan korelasi yang positif dan signifikan antara literasi sains dengan hasil belajar PAI, didapat harga koefisien Product Moment (R) sebesar 0,271 dengan kontribusi literasi sains kepada kemampuan PAI sebesar 7,34% sisanya 92,66% dikontribusi oleh faktor-faktor lainnya . Korelasi yang positif dan signifikan antara motivasi berprestasi dengan hasil belajar PAI, didapat harga koefisien Product Moment (R) sebesar 0,186 dengan kontribusi motivasi berprestasi kepada kemampuan PAI sebesar 3,46% dan sisanya 96,54% dikontribusi oleh faktor-faktor lainnya. Terakhir korelasi yang positif dan signifikan antara literasi sains dan motivasi berprestasi dengan hasil belajar PAI, didapat harga koefisien Product Moment (R) sebesar 0,306 dengan kontribusi literasi sains, motivasi berprestasi terhadap hasil belajar PAI sebesar 9,40 % dan sisanya 91,60% dikontribusi oleh faktor-faktor lainnya. | en_US |
dc.language.iso | id | en_US |
dc.publisher | Pascasarjana Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta | en_US |
dc.subject | Literasi Sains | en_US |
dc.subject | Motivasi Berpretasi | en_US |
dc.subject | Pendidikan Agama Islam | en_US |
dc.title | Hubungan Antara Literasi Sains Dan Motivasi Berprestasi Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Pada Siswa Kelas 10 SMK Negeri 10 Cawang Jakarta Timur | en_US |
dc.type | Tesis | en_US |
Appears in Collections: | Tesis S2 Pendidikan Agama Islam |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
217430206-Athaya Rahmah.pdf Restricted Access | 217430206-Tesis | 1.97 MB | Adobe PDF | View/Open Request a copy |
Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.