Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/1049
Full metadata record
DC Field | Value | Language |
---|---|---|
dc.contributor.advisor | Pahrurraji | - |
dc.contributor.advisor | Syahidah Rena | - |
dc.contributor.author | Faidatul Ma'rifah, 217430207 | - |
dc.date.accessioned | 2020-08-25T05:12:57Z | - |
dc.date.available | 2020-08-25T05:12:57Z | - |
dc.date.issued | 2020 | - |
dc.identifier.uri | http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/1049 | - |
dc.description.abstract | Kita mengetahui bahwa kurikulum pendidikan yang ada di Indonesia telah berulangkali mengalami perubahan, namun peserta didik masih saja kurang dalam nilai-nilai pendiidikan agama Islamnya, sejarah pendidikan Islam yang sudah terlewatkan sejak 1400 tahun yang lalu, telah menunjukkan dan membuktikan bahwa umat Islam dapat mencapai zaman kegemilangan dengan menerapkan dan mengikuti metode Salafu Shalih (tiga generasi muslim awal Islam), yaitu pola pendidikan yang diajarkan langsung oleh Nabi Muhammad SAW, salah satu lembaga pendidikan di indonesia yang menerapkan metode tersebut pada zaman moderen ini yaitu Kuttab Al-Fatih, dengan menerapkan konsep pendidikan berbasis sirah nabawiah, dengan berlandaskan Al-Qur’an dan sunnah. Metode yang digunakan yaitu metode kualitatif, dengan jenis penelitian lapangan (field research), sedangkan metode pengumpulan data yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu berupa obsevasi, wawancara dan dokumentasi, analisis data dilakukan dengan tiga langkah yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa materi pendidikan berbasis Sirah Nabawiah di Kuttab Al-Fatih Tangerang Selatan dalam meningkatkan nilai-nilai pendidikan agama Islam pada peserta didik dibagi menjadi dua, yaitu materi iman dan materi Al-Qur’an, adapun nilai-nilai pendidikan Islam yang meningkat pada peserta didik di Kuttab Al-Fatih Tangerang Selatan yaitu nilai aqidah (keimanan), nilai ibadah, nilai akhlak, nilai sosial, sedangkan strategi guru yang telah dicontohkan oleh Rasulullah yang di terapkan oleh gurur-guru Kuttab Al-Fatih antara lain metode keteladanan, metode ceramah, pembiasaan, pendekatan, metode tanya jawab, dan Berkisah. | en_US |
dc.language.iso | id | en_US |
dc.publisher | Pascasarjana Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta | en_US |
dc.subject | Pendidikan Berbasis Sirah Nabawiah | en_US |
dc.subject | Strategi Guru | en_US |
dc.subject | Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam | en_US |
dc.title | Pendidikan Berbasis Sirah Nabawiah Sebagai Strategi Guru Dalam Meningkatkan Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam Pada Peserta Didik (Studi Kasus Di Kuttab Al-Fatih Tangerang Selatan) | en_US |
dc.type | Tesis | en_US |
Appears in Collections: | Tesis S2 Pendidikan Agama Islam |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
217430207-Faidatul Ma'rifah.pdf Restricted Access | 217430207-Tesis | 7.55 MB | Adobe PDF | View/Open Request a copy |
Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.