Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/1050
Full metadata record
DC Field | Value | Language |
---|---|---|
dc.contributor.advisor | Sri Tuti Rahmawati | - |
dc.contributor.author | Wahyu Rumyati, 16311763 | - |
dc.date.accessioned | 2020-08-25T05:14:56Z | - |
dc.date.available | 2020-08-25T05:14:56Z | - |
dc.date.issued | 2020-08-06 | - |
dc.identifier.uri | http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/1050 | - |
dc.description.abstract | Banyak orang yang merasakan kesulitan dalam membaca Al-Qur’an, baik itu dari kalangan anak-anak, kalangan remaja, orang tua, dari laki-laki maupun perempuan. Padahal sebenarnya Al-Qur’an mudah dipelajari dan tidak sulit, dengan syarat adanya kemauan, keseriusan dan kesungguhan dalam mempelajarinya. Maka dari itu banyak metode-metode yang diciptakan untuk memudahkan dalam membaca Al-Qur’an, salah satunya adalah metode Tilawati. Karena itulah penulis membuat karya ilmiah yang berjudul “Implementasi Metode Tilawati Dalam Meningkatkan Kualitas Bacaan Al-Qur’an di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Pembangunan Jakarta”. Karya ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan metode Tilawati di madrasah tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif analisis dengan latar penelitian di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Pembangunan Jakarta, subjek penelitiannya adalah siswa MI kelas satu (1). Peneliti melakukan observasi terhadap aktivitas guru yang meliputi pelaksanaan kegiatan pembuka, pelaksanaan kegiatan inti, dan pelaksanaan kegiatan penutup. Selain observasi aktivitas guru, peneliti juga mengamati kualitas bacaan Al-Qur’an siswa dalam pembelajaran, yang meliputi kelancaran membaca siswa, kemampuan membaca Al-Qur’an dengan menggunakan kaidah hukum tajwid yang benar, dan kemampuan membaca serta mengucapkan huruf yang sesuai dengan makhrajnya. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan penulis di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Pembangunan Jakarta bahwa proses pembelajaran Al-Qur’an menggunakan metode Tilawati ini telah berjalan dengan baik, karena penerapan metode Tilawati di madrasah ini telah prosedur, serta teknik pembelajarannya, sehingga metode Tilawati di madrasah ini dinilai efektif untuk membantu siswa dalam hal membaca Al-Qur’an. | en_US |
dc.language.iso | id | en_US |
dc.publisher | Institut Ilmu Al Quran (IIQ) Jakarta | en_US |
dc.subject | Implementasi | en_US |
dc.subject | Metode Pembelajaran Al-Qur’an | en_US |
dc.title | Implementasi Metode Tilawati Dalam Meningkatkan Kualitas Bacaan Al-Qur’an di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Pembangunan Jakarta | en_US |
dc.type | Skripsi | en_US |
Appears in Collections: | Skripsi S1 Pendidikan Agama Islam |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
16311763.pdf Restricted Access | 3.38 MB | Adobe PDF | View/Open Request a copy | |
16311763_Publik.pdf Restricted Access | 1.39 MB | Adobe PDF | View/Open Request a copy |
Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.