Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/1051
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorAbdul Halim Sholeh-
dc.contributor.advisorSyahidah Rena-
dc.contributor.authorRezki Sulfitri Amir, 218430226-
dc.date.accessioned2020-08-25T05:19:14Z-
dc.date.available2020-08-25T05:19:14Z-
dc.date.issued2020-
dc.identifier.urihttp://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/1051-
dc.description.abstractPenelitian ini menunjukkan bahwa implementasi nilai-nilai pendidikan akhlak menurut hadits-hadits pilihan dalam Kitab Bulughul Maram terhadap santri di Pesantren Pendidikan Islam Darul Abrar ditempuh metode yang bermacam-macam. Mulai dari metode nasehat, proses belajar mengajar di kelas, memberi teladan yang baik, menerapkan aturan dan disiplin, serta metode hadiah dan hukuman. Implementasi nilai-nilai pendidikan akhlak menurut hadits dalam Kitab Bulûgh al-Marām juga sangat didukung oleh program kerja yang dijalankan anggota OSDA, peraturan-peraturan ini berkaitan erat dengan hadist-hadist akhlak dalam Kitab Bulûgh al-Marām, khususnya peraturan yang diterapkan oleh bagian keamanan, bagian adab dan bagian dapur. Adapun tujuan yang diharapkan adalah membentuk akhlak mulia pada diri santri dan terwujudnya kebiasaan-kebiasaan mulia yang bernilai ibadah di mata Allah SWT dengan meneladani akhlak Rasulullah SAW. Selain itu, implementasi nilai-nilai pendidikan akhlak juga bertujuan sama dengan visi misi Pesantren Darul Abrar, yaitu membentuk pribadi yang berakhlak mulia, berfikir cerdas dan kreatif, agar kelak tia-tiap santri menjadi hamba-hamba Allah yang berguna bagi agama Islam. Salah satu contoh penelitian sebelumnya adalah jurnal 2018, dengan judul “Urgensi Pend idikan Akhlak Dalam Membentuk karakter Peserta Didik Telaah Kritis Konsep Pendidikan Dalam Kitab Al Barzanji” yang ditulis oleh Noerrahmah. Penelitian ini juga membahas tentang pendidikan akhlak sebagaimana yang dibahas oleh penulis, tetapi berbeda pada objek penelitiannya atau buku yang dijadikan rujukan. Saudari Noerrahmah membahas lebih dalam bagaimana pentingnya pemilihan lingkungan dan guru yang baik demi berjalannya pendidikan akhlak yang baik, adapun penulis sendiri tidak terlalu memfokuskan hal itu, tetapi lebih kepada akhlak-akhlak yang ada pada hadits-hadits dalam Kitab Bulugh al-Maram. Namun meskipun demikian, penulis sangat setuju bahwa pengaruh lingkungan dan guru yang baik sangat kuat dan berkontribusi besar dalam berlangsungnya proses pendidikan akhlak ini. Penelitian ini adalah penelitian lapangan (Field Research) yang menitikberatkan obyek penelitian pada pendapat para pengajar, pengasuh, anggota organisasi dan santri tentang masalah yang akan diteliti. Penelitian ini juga menggunakan penelitian pustaka (Library Research) Adapun tekhnik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu metode dokumentasi, observasi dan wawancara.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.publisherPascasarjana Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakartaen_US
dc.subjectPendidikan Akhlaken_US
dc.subjectHadits-Hadits Pilihanen_US
dc.subjectKitab Bulugh Al-Maramen_US
dc.subjectPondok Pesantren Darul Abrar Putrien_US
dc.titleImplementasi Pendidikan Akhlak Menurut Hadits-Hadits Pilihan Dalam Kitab Bulugh Al-Maram Terhadap Peserta Didik (Studi Kasus di Pondok Pesantren Darul Abrar Putri di Desa Balle, Kab.Bone, Sulawesi Selatan)en_US
dc.typeTesisen_US
Appears in Collections:Tesis S2 Pendidikan Agama Islam

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
218430226-Rezki Sulfitri Amir.pdf
  Restricted Access
218430226-Tesis2.26 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.