Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/1063
Full metadata record
DC Field | Value | Language |
---|---|---|
dc.contributor.advisor | M.Ziyadul Haq | - |
dc.contributor.advisor | Ahmad Syukron | - |
dc.contributor.author | Siti Patimah, 217410734 | - |
dc.date.accessioned | 2020-09-10T08:22:44Z | - |
dc.date.available | 2020-09-10T08:22:44Z | - |
dc.date.issued | 2020 | - |
dc.identifier.uri | http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/1063 | - |
dc.description.abstract | Dunia mengalami perubahan fundamental yang masif sebagai akibat dari era digital. Tidak hanya dalam bidang teknologi dan komunikasi, perubahan juga terjadi Kemajuan TIK dengan munculnya media sosial dan jejaring sosial telah memasuki dan merambah generasi muda khususnya pelajar dan mahasiswa. Mereka dapat bahkan sangat mahir dan akrab dengan gadget. Interaksi para remaja dengan gadget-nya tidak dapat dipisahkan dalam kehidupan sehari-hari. Dari bangun tidur sampai tidur lagi, gadget tidak dapat lepas dari tangannya. Banyak di antara mereka yang memanfaatkan gadget hanya untuk bermain, chatting melalui jejaring sosial. Bahkan, untuk melakukan hal-hal yang melanggar norma seperti menonton film-film dewasa, mengikuti game online yang berbau judi, dan sebagainya. Studi ini bertujuan untuk mendeskripsikan kisah-kisah teladan yang terdapat dalam Al-Quran untuk kemudian dikorelasikan dengan konteks kekinian (era digital) dan mendeskripsikan strategi Pendidikan Islam dalam Al-Quran sebagai solusi mengatasi degradasi moral remaja di era digital. Penelitian ini menggunakan metode studi pustaka (library research), sekaligus merupakan penelitian literal, karena menelusuri ayat-ayat Alquran yang berkenaan problematika remaja. Objek kajian ini berfokus pada ayat-ayat kisah Alquran, maka sumber pertama dan utamanya adalah kitab suci Alquran dan hadis Nabi saw. Sumber-sumber lainnya adalah kitab-kitab tafsir yang dibatasi pada beberapa kitab yang dianggap representatif. Hasil penelitian menyimpulkan, bahwa ancaman Degradasi moral remaja di era digital diantaranya dipengaruhi oleh: 1) Pengaruh lingkungan yang buruk, ditambah dengan kontrol diri dan kontrol sosial yang semakin melemah; 2) Pegaruh modernisasi dan globalisasi maka terjadi pergeseran batas kesopanan dan moralitas; 3) Pergeseran yang sangat mengerikan dari sisi norma agama, namun dianggap biasa dari sisi norma sosial. Nilai-nilai yang terkandung dalam Kisah al-Qur’an menjadi suatu metode pembelajaran yang sangat perlu diterapkan demi terciptanya generasi rabbani yang membanggakan. | en_US |
dc.language.iso | id | en_US |
dc.publisher | Pascasarjana Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta | en_US |
dc.subject | Al-Qur’an | en_US |
dc.subject | Degradasi Moral | en_US |
dc.subject | Era Digital | en_US |
dc.title | Solusi Al-Qur'an Dalam Mengatasi Degradasi Moral Remaja Di Era Digital (Studi Analisis Nilai-Nilai Akhlak dalam Kisah-Kisah Al-Qur'an) | en_US |
dc.type | Tesis | en_US |
Appears in Collections: | Tesis S2 Ilmu Al Quran dan Tafsir |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
217410734-Siti Patimah.pdf Restricted Access | 217410734-Tesis | 1.86 MB | Adobe PDF | View/Open Request a copy |
Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.