Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/1113
Full metadata record
DC Field | Value | Language |
---|---|---|
dc.contributor.advisor | Esi Hairani | - |
dc.contributor.author | Siti Wulandari, 15311561 | - |
dc.date.accessioned | 2020-09-21T07:24:44Z | - |
dc.date.available | 2020-09-21T07:24:44Z | - |
dc.date.issued | 2019-08-08 | - |
dc.identifier.uri | http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/1113 | - |
dc.description.abstract | Latar belakang penulisan skripsi ini adalah ketertarikan penulis terhadap isu utama dalam dunia pendidikan yaitu pendidikan karakter. Karakter dalam Islam dikenal dengan akhlak yang mulia. Akhlak mulia dalam Islam bersumber pada Rasulullah saw, dalam menghayati konsep pendidikan Islam dibutuhkan pemikiran seorang tokoh dalam Islam, intelektual muslim itu bernama Syed Muhammad Naquib Al-Attas dengan pemikiran konsep ta’dib sebagai tujuan pendidikan Islam. Tujuan pendidikan dalam konsep ta’dib dengan kurikulum 2013 memiliki kesamaan yaitu membentuk pribadi yang memiliki budi pekerti dan akhlak yang mulia sehingga menciptakan manusia yang baik dengan penyatuan dan keseimbangan antara moralitas dan intelektualitas sebagai bentuk penghambaan diri kepada Allah SWT sebagai makhluk ciptaan-Nya. Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui konsep ta’dib menurut Syed Muhammad Naquib Al-Attas, 2) mengetahui konsep kurikulum 2013, 3) penelitian ini juga memiliki tujuan untuk menghasilkan internalisasi dalam pendidikan karakter dalam kurikulum 2013 di sekolah SMP.N 3 Tangerang Selatan. Penelitian ini menggunakan kualitatif yaitu penelitian yang tidak menggunakan data statistik atau perhitungan angka. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan analisis kontendeskriptif dan teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat internalisasi antara konsep ta’dib menurut Al-Attas dalam pengembangan kurikulum 2013 di sekolah pilot project K-13 SMP.N 3 Tangerang Selatan dengan sangat baik karena peserta didik sudah memiliki dan menjalankan nilai-nlai yang dikembangkan dalam kurikulum 2013 yaitu nilai spiritual, nilai sosial, nilai pengetahuan, dan nilai keterampilan dalam kehidupan sehari-hari. | en_US |
dc.language.iso | id | en_US |
dc.publisher | Institut Ilmu Al Quran (IIQ) Jakarta | en_US |
dc.subject | Konsep Ta’dib | en_US |
dc.subject | Pendidikan Karakter | en_US |
dc.subject | Kurikulum 2013 | en_US |
dc.title | Konsep Ta’dib Menurut Al-Attas Dalam Pengembangan Pendidikan Karakter Kurikulum 2013 (Kajian Lapangan di Sekolah Pilot Project K-13 SMP.N 3 Tangerang Selatan) | en_US |
dc.type | Skripsi | en_US |
Appears in Collections: | Skripsi S1 Pendidikan Agama Islam |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
15311561.pdf Restricted Access | 4.62 MB | Adobe PDF | View/Open Request a copy | |
15311561_Publik.pdf Restricted Access | 1.99 MB | Adobe PDF | View/Open Request a copy |
Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.