Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/1117
Title: | Implementasi Program Qur’an Time Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Siswa di SMP Al Hasra Depok(Studi Kasus Siswa di SMP Al Hasra Depok) |
Authors: | Asful Lailiyah, 16311636 |
Advisor: | Siti Rahma Aziz |
Issue Date: | 10-Aug-2020 |
Publisher: | Institut Ilmu Al Quran (IIQ) Jakarta |
Abstract: | Melihat perkembangan zaman pada era globalisasi masih banyak yang merasa kesulitan dalam hal membaca maupun memahami Al-Qur‟an, sehingga terjadi banyak pergeseran nilai dalam kehidupan di masyarakat. Melihat juga dampak-dampak akan kemajuan teknologi seperti munculnya internet, pesatnya media sosial, permainan online dan lain sebagainya semakin membuat kebiasaan baru bagi anak, sehingga berkurangnya aktivitas keagamaan salah satunya membaca Al-Qur‟an. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan program Qur‟an time di SMP Al Hasra Depok dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur‟an siswa. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah reduksi data, display data (penyajian data), dan mengambil kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan program Qur‟an time dapat dinilai baik dan mampu untuk meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur‟an siswa, hal ini bisa dilihat dari kemampuan dan motivasi siswa dalam mempelajari Al-Qur‟an cukup baik dengan faktor lingkungan yang mendukung, meskipun ada beberapa siswa yang masih belum mencapai target, tetapi bisa diatasi dengan baik. |
URI: | http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/1117 |
Appears in Collections: | Skripsi S1 Pendidikan Agama Islam |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
16311636.pdf Restricted Access | 2.63 MB | Adobe PDF | View/Open Request a copy | |
16311636_Publik.pdf Restricted Access | 1.39 MB | Adobe PDF | View/Open Request a copy |
Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.