Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/1118
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorNadjematul Faizah-
dc.contributor.authorAi Maemunah, 16311639-
dc.date.accessioned2020-09-21T07:42:01Z-
dc.date.available2020-09-21T07:42:01Z-
dc.date.issued2019-08-11-
dc.identifier.urihttp://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/1118-
dc.description.abstractPenelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an (BTQ) pada pendidikan anak usia dini. Seperti penelitian yang di lakukan oleh penulis di Raudatul Athfal (RA) Labschool IIQ Jakarta bahwa pengajar di Raudhatul Athfal (RA) terdiri dari para alumni Fakultas Tarbiyah dan mahasiswa dengan jurusan yang berbeda yaitu jurusan Pendidikan Anak Usia Dini (PIAUD) dan jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI). Karena Raudhatul Athfal (RA) ini adalah Labschool fakultas Tarbiyah, sehingga menarik perhatian penulis, untuk mengetahui lebih jauh peran guru-guru tersebut dalam pembelajaran Baca Tulis Qur’an (BTQ). Tujuan dari penelitian ini adalah penulis ingin mengetahui bagaimana proses pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an dengan metode yang digunakan yaitu Metode Baghdadi, lalu bagaimana hasil belajar siswa, dan peran guru dalam pembelajaran tersebut. Penelitian yang di gunakan oleh penulis adalah penelitian kualitatif, yang mana untuk mendapatkan informasi terkait penelitian penulis harus terjun langsung ke lokasi dengan cara melakukan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian Bahwa (1) Pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an (BTQ) dengan Metode Baghdadi digunakan untuk memperkenalkan bagaimana belajar tentang penerapan makhorijul huruf (tempat keluarnya huruf), sifatul huruf dan bagaimana membunyikannya dengan fasih, penerapannya melalui nyanyian, lagu-lagu dan tepuk-tepuk. Sedangkan metode Iqro’ digunakan untuk praktek baca huruf hijaiyah yang sudah dipelajari di buku Metode Baghdadi tahap awal. (2) Setelah melakukan pembelajaran ini, di akhir semester ada evaluasi hasil belajar, dengan cara mereview seluruh materi yang sudah di pelajajari. Hasil belajar menyatakan bahwa siswa yang mengikuti pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an (BTQ) dengan Metode Baghdadi ia mampu melafalkan bacaan Al-Qur’an dengan fasih dan makhorijul hurufnya jelas. (3) Peran guru untuk menerapkan Metode Baghdadi dalam pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an (BTQ) ini merupakan faktor utama keberhasilan siswa dalam belajar. Penulis menemukan beberapa karakter guru yang sesuai dengan proses pembelajaran dikelasnya, bahkan ada salah satu guru yang juga sudah menjadi bagian dari kader Baghdadi. Sehingga memudahkan proses pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an (BTQ).en_US
dc.language.isoiden_US
dc.publisherInstitut Ilmu Al Quran (IIQ) Jakartaen_US
dc.subjectPembelajaran BTQen_US
dc.subjectMetode Baghdadien_US
dc.subjectHasil Belajaren_US
dc.subjectPeran Guruen_US
dc.titleImplementasi Metode Baghdadi Dalam Pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an (BTQ) (Studi Kasus Di RA Labschool IIQ Jakarta)en_US
dc.typeSkripsien_US
Appears in Collections:Skripsi S1 Pendidikan Agama Islam

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
16311639.pdf
  Restricted Access
3.65 MBAdobe PDFView/Open Request a copy
16311639_Publik.pdf
  Restricted Access
942.47 kBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.