Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/1899
Title: Implementasi Metode Takrīr dalam Menghafal Al-Qur’an Juz 30 pada Mata Pelajaran Taḥfīẓ di SMPIT Al-Ittihad Kota Bekasi
Authors: Natijatul Kamilah, 18311923
Advisor: Sri Tuti Rahmawati
Issue Date: 2022
Publisher: Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta
Abstract: Latar belakang penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui bagaimana Implementasi Metode Takrīr dalam Menghafal Al-Qur’an Juz 30 Pada Mata Pelajaran Taḥfīẓ di SMPIT Al-Ittihad Kota Bekasi. Apa yang menjadikan faktor pendukung keberhasilan menghafal Al-Qur’an dan apa faktor penghambat keberhasilan dalam menghafal Al-Qur’an di SMPIT Al-Ittihad Kota Bekasi. Jenis penelitian yang digunakan peneliti dalam meneliti skripsi ini deskripsi kualitatif dengan menggunakan metode kualitatif. Sumber data yang peneliti peroleh berasal dari data primer yang diperoleh dengan cara wawancara kepada narasumber dan informan yang terkait. Hasil penelitian skripsi dapat disimpulkan, di antaranya: 1. Implementasi metode Takrīr di SMPIT Al-Ittihad telah diterapkan oleh guru untuk para siswa dengan cara menTakrīr ayat demi ayat beberapa kali pengulangan, sehingga ayat tersebut sudah hafal dan menyetorkan hafalan ke Guru Taḥfīẓ. 2. Faktor pendukung keberhasilan dalam menghafal Al-Qur’an ialah menyetorkan hafalan surat, Guru Taḥfīẓ yang senantiasa mebimbing, adanya ujian sekolah dan MHQ (Musabaqah Hifzhul Qur’an). 3. Faktor penghambat dalam menghafal Al-Qur’an ialah siswa masih belum bisa mengatur waktu dengan baik, siswa kurang memahami manfaat metode Takrīr dan sarana prasana yang kurang baik.
URI: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/1899
Appears in Collections:Skripsi S1 Pendidikan Agama Islam

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
18311923.pdf
  Restricted Access
2.42 MBAdobe PDFView/Open Request a copy
18311923_Publik.pdf
  Restricted Access
16.71 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.