Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/1129
Title: “Penerapan Metode Modelling Dalam Meningkatkan Keterampilan Membaca Al-Qur`an Pada Materi Tafsir Siswa Kelas VII SMP-IISS di Jakarta Selatan
Authors: WAHDIYATUNNISA, 16311680
Advisor: Siti Shopiyah
Issue Date: 5-Aug-2020
Publisher: Institut Ilmu Al Quran (IIQ) Jakarta
Abstract: Tujuan Penelitian ini untuk meningkatkan keterampilan membaca Al-Qur`an siswa khususnya pada Bidang Studi Islamic Studies materi Tafsir agar siswa dapat membaca Al-Qur`an dengan tartil, dan sesuai dengan hukum bacaannya. Keterampilan membaca ini juga sangat mendasar, misalnya pada pelafalan, dan intonasi, termasuk pada pembelajaran membaca Al-Qur`an yang masih belum optimal dikuasai oleh siswa. Di dalam kegiatan penelitian ini untuk dapat memperoleh hasil yang baik dan mengenai sasaran, penulis perlu menggunakan suatu metode yang tepat, teratur, dan berhati-hati serta penuh pencermatan di dalam perencanaan dalam suatu penelitian. Penelitian ini difokuskan pada penerapan metode modelling dalam meningkatkan keterampilan membaca Al-Qur`an siswa dalam pembelajaran Islamic Studies khususnya pada materi Tafsir. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian melalui observasi dan wawancara dapat disimpulkan bahwa keterampilan membaca Al-Qur`an siswa dalam pembelajaran Islamic Studies khususnya pada materi tafsir dapat ditingkatkan dengan penerapan metode modelling. Peningkatan tersebut dibuktikan dengan hasil pencapaian yakni penulis dapat persentasekan nilai proses sebesar 6,28% dan nilai produk sebesar 7,38%.
URI: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/1129
Appears in Collections:Skripsi S1 Pendidikan Agama Islam

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
16311680.pdf
  Restricted Access
2.24 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.