Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/1148
Full metadata record
DC Field | Value | Language |
---|---|---|
dc.contributor.advisor | Siti Istiqomah | - |
dc.contributor.author | Padilah Rahmi Nasution, 16311745 | - |
dc.date.accessioned | 2020-09-22T04:29:00Z | - |
dc.date.available | 2020-09-22T04:29:00Z | - |
dc.date.issued | 2020-08-28 | - |
dc.identifier.uri | http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/1148 | - |
dc.description.abstract | Dalam UU no. 20 TAHUN 2003 menjelaskan tentang Sistem Pendidikan Nasional sebagai landasan yuridis dalam pelaksanaan pendidikan di Indonesia, yaitu pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memilih kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan Negara. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui upaya apa saja yang dilakukan oleh sekolah dalam membentuk akhlakul karimah siswa di SDN 260 Ampung Julu Tahun Pelajaran 2019/2020. Metodologi dalam penelitian ini yaitu metode kualitatif. Subjek Penelitian adalah Kepala Sekolah, Guru-Guru SDN 260 Ampung Juludan Siswa. Data penelitian diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa upaya sekolah dalam membentuk akhlak siswa di sekolah SDN 260 menggunakan beberapa metode yang releven, yaitu dengan Metode pembiasaan dan keteladanan. Metode pembiasaan yang dilakukan setiap hari seperti : setiap hari senin diadakan uapacara bendera, hari selasa menyanyikan lagu wajib, rabu menghafal nama-nama pahlawan, kamis mengadakan kuis, hari jum‟at biasanya menghafal surat-surat pendek, dan hari sabtu pidato dan kebersihan sebelum pulang sekolah. Faktor pendukung pembentukan akhlak SDN 260 Ampung Julu adalah didasari oleh visi: beriman, bertaqwa, berakhlakul karimah, berprestasi bidang akademik dan non akademik, Selain itu, guru PAI, Nabi Muhammad saw sebagai pedoman teladan yang paling utama dalam pembentukan akhlak dan kerjasama antara guru satu dengan yang lainnya. Selanjutnya faktor penghambat pembentukan akhlak adalah faktor lingkungan, faktor keluarga, setiap guru tidak mempunyai tipe yang sama dalam kedisiplinan dan tingkat kepedulian setiap guru berbeda-beda. Upaya sekolah dalam membentuk akhlakul karimah siswa di SDN 260 Ampung Julu di dasari dengan kebiasaan-kebiasaan dan keteladanan. | en_US |
dc.language.iso | id | en_US |
dc.publisher | Institut Ilmu Al Quran (IIQ) Jakarta | en_US |
dc.subject | Upaya Sekolah | en_US |
dc.subject | Akhlakul Karimah | en_US |
dc.title | Upaya Sekolah dalam Membentuk Akhlakul Karimah Siswa SDN 260 Ampung Julu | en_US |
dc.type | Skripsi | en_US |
Appears in Collections: | Skripsi S1 Pendidikan Agama Islam |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
16311745.pdf Restricted Access | 3.16 MB | Adobe PDF | View/Open Request a copy | |
16311745_Publik.pdf Restricted Access | 1.06 MB | Adobe PDF | View/Open Request a copy |
Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.