Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/1150
Full metadata record
DC Field | Value | Language |
---|---|---|
dc.contributor.advisor | Hasanah | - |
dc.contributor.author | Renisa Mahasti, 16311747 | - |
dc.date.accessioned | 2020-09-22T05:03:50Z | - |
dc.date.available | 2020-09-22T05:03:50Z | - |
dc.date.issued | 2020-08-21 | - |
dc.identifier.uri | http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/1150 | - |
dc.description.abstract | Kedisiplinan dalam proses pendidikan sangat diperlukan bukan hanya untuk menjaga kondisi belajar dan mengajar berjalan dengan lancar, tetapi juga untuk menciptakan pribadi yang kuat bagi setiap siswa. Namun faktanya ada banyak Kenakalan remaja atau perilaku menyimpang yang terjadi dan itu disebabkan karena ketidakdisiplinan remaja terhadap aturan yang berlaku didalam keluarga, masyarakat atau sekolah. Berdasarkan berberapa permasalahan tersebut sekolah memiliki peran dalam meminimalisir dan menanggulangi kenakalan remaja, dengan meningkatkan dan memperkuat karakter kedisiplinan melalui penerapan dan pembiasaan, maka diciptakan budaya religius yang dilaksanakan sekolah dengan tujuan agar peserta didik mempunyai sikap disiplin dan kepribadian yang baik. Tujuan penelitian untuk mendeskrispsikan bagaimana implementasi budaya religius dalam menumbuhkan sikap disiplin siswa di SMP Muslim Asia Afrika. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah, wawancara dan dokumentasi. Tahapan analisis yang digunakan yaitu reduksi data/data reduction, penyajian data/data display, dan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian ini, peneliti menyimpulkan bahwa Implementasi budaya religius yang diterapkan di SMP Muslim Asia Afrika dapat menumbuhkan sikap disiplin siswa. Budaya religius yang merupakan penanaman nilai-nilai keagaaman melalui pembiasaan dilakukan dengan penerapan kegiatankegiatan rutin yang berjalan dengan baik, adapun kegiatan budaya religius yang ada di SMP Muslim Asia Afrika antara lain : mengedepankan budaya senyum, sapa dan salam, Sholat dhuha dan sholawat berjama’ah, sholat dzhuhur berjama’ah, Pendidikan Qur’an Musika (PQM), Musika Jum’at Peduli (MJP), kajian keputrian, semarak musika, dan pesantren kilat ramadhan. Dengan adanya kegiatan yang dilakukan secara rutin atau terusmenerus ini, maka akan menjadi suatu kebiasaan dan dapat menumbuhkan sikap kedisiplinan siswa. Adapun usaha yang dilakukan untuk terus menjalankan kedisiplinan itu yaitu dengan adanya peraturan yang berbentuk poin-poin, sanksi atau hukuman yang ditetapkan, dan juga penghargaan yang diberikan, dengan begitu kedisiplinan siswa dapat terus terlaksana dengan baik. | en_US |
dc.language.iso | id | en_US |
dc.publisher | Institut Ilmu Al Quran (IIQ) Jakarta | en_US |
dc.subject | Budaya Religius | en_US |
dc.subject | Kedisiplinan Siswa | en_US |
dc.title | Implementasi Budaya Religius dalam Menumbuhkan Sikap Disiplin Siswa di SMP Muslim Asia Afrika | en_US |
dc.type | Skripsi | en_US |
Appears in Collections: | Skripsi S1 Pendidikan Agama Islam |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
16311747.pdf Restricted Access | 3.11 MB | Adobe PDF | View/Open Request a copy | |
16311747_Publik.pdf Restricted Access | 1.18 MB | Adobe PDF | View/Open Request a copy |
Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.