Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/1163
Title: Penanaman Nilai Hubbul Wathan Pada Santri Pondok Pesantren Mahasina Pondok Gede Bekasi
Authors: Siti Syarifah Alawiyah, 215430228
Advisor: Abdul Halim Sholeh
Muh.Ubaidillah Al Ghifary Slamet
Issue Date: 2020
Publisher: Pascasarjana Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penanaman nilai Hubbul Wathân di pondok pesantren Mahasina Pondok Gede Bekasi Jawa Barat sehingga dapat diambil manfaatnya dan hikmahnya bagi umat Islam. Penelitian tesis ini menggunakan metode penelitian kualitatif agar peneliti mendapatkan informasi yang mendalam terkait penanaman nilai Hubbul Wathân. Adapun teknik pengumpulan data dengan obeservasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) penanaman nilai Hubbul Wathân pada santri di Pondok Pesantren Mahasina Pondok Gede Bekasi sudah tepat dan sesuai dengan pendidikan yang diterapkan oleh pemimpin pondok yaitu dengan pendidikan terintegrasi kader ulama berakhlak Qur’ani dan berwawasan kebangsaan, (2) pengaruh penerapan nilai Hubbul Wathân terhadap bela negara santri pondok pesantren Mahasina, agar mereka mampu menumbuhkan rasa cinta, bangga, dan ingin mempertahankan keutuhan, dan persatuan bangsa dan negara Indonesia, dan (3) pembiasaan yang dilakukan pondok pesantren Mahasina dalam menanamkan sikap Hubbul Wathân terhadap santri Mahasina adalah dengan melakukan kegiatan pramuka, mempelajari Al-Qur’an dan Hadits yang berhubungan dengan Hubbul Wathân, belajar pidato yang bijak, hidup saling menghargai, menolong menyelesaikan masalah, disipilin, diskusi tentang Hubbul Wathân, mengadakan kegiatan keagamaan yang damai, dan lainnya.
URI: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/1163
Appears in Collections:Tesis S2 Pendidikan Agama Islam

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
215430228_SITI SYARIFAH ALAWIYAH.pdf
  Restricted Access
215430228-Tesis6.77 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.