Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/1165
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorMuh. Ubaidillah Al-Ghifary Slamet-
dc.contributor.advisorSyahida Rena-
dc.contributor.authorIne Ratu Fadliah, 218430235-
dc.date.accessioned2020-10-16T05:54:29Z-
dc.date.available2020-10-16T05:54:29Z-
dc.date.issued2020-
dc.identifier.urihttp://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/1165-
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk menganalisis pendidikan karakter berbasis Al-Qur’an dan Sunnah di SD AL-Wildan Islamic School (Nurul Islam) Tangerang, implementasi materi serta melihat faktor penghambat dan pendukungnya. Jenis Penelitian yang digunakan merupakan jenis penelitian kualitatif. Penelitian kualitatif adalah penelusuran seara intensif menggunakan prosedur ilmiah untuk menghasilkan kesimpulan naratif baik tertulis maupun lisan berdasarkan analisis data tertentu. Sumber data dalam penelitian adalah pimpinan sekolah, guru, dan siswa. Metode pengumpulan data dengan observassi, wawanara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah pendidikan karakter berbasis Al-Qur’an dan sunnah di Sd Al-Wildan Islamic School (Nurul Islam) adalah program unggulan sekolah, tujuannya untuk pembentukan karakter mulia sesuai Al-Qur’an dan As-Sunnah pada diri peserta didik melalui pembelajaran sehari-hari di kelas, didukung dengan 3 kurikulum nasional, internasional dan pesantren melalui proses stimulan pendidkan karakter yang lama sejak kelas 1 sehingga di kelas 6 sudah menjadi karakter anak. Sistem evaluasi penilaian Quality Control (QC) siswa yang ketat, kemudian di nilai dan di tindak lanjuti pada program-program pendukung yaitu pelatihan guru-guru, program sosialisasi, program parent visit class (PVC), program rumah tahfizh, dengan rumusan nilai: 1) penanaman adab dan akhlak yang mulia, 2) kebersihan lingkungan, 3) sosial Masyarakat, 4) kesadaran beribadah, 5) cinta tanah air. Implementasi materi dapat dilihat pada: 1) Penyambutan siswa, 2) Bimbingan Wali kelas, 3) membuat tata tertib dikelas, 4) makan siang bersama guru dikelas, 5) mengadakan lomba kebersihan dan keindahan kelas, 6) mengadakan kegiatan bakti sosial, 7) membaca zikir pagi dan petang, 8) sholat dhuha. 9) sholat berjamaah, 10), mengadakan upacara. Faktor pendukung yakni adanya ketaatan dan disiplin guru dalam menjalankan tugas amanah, konsistensi pimpinan, adanya sinergi antara guru, wali murid dan siswa. Faktor penghambat yakni siswa baru yang belum berkarakter Al-Qur’an dan belum bisa mengaji.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.publisherPascasarjana Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakartaen_US
dc.subjectPendidikan Karakteren_US
dc.subjectAl-Qur’anen_US
dc.subjectAs-Sunnahen_US
dc.titleImplementasi Pendidikan Karakter Berbasis Al-Qur'an Dan As-Sunnah (Studi Kasus Kelas 6 SD Al-Wildan Islamic School (Nurul Islam) Tangerang)en_US
dc.typeTesisen_US
Appears in Collections:Tesis S2 Pendidikan Agama Islam

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
218430235-Ine Ratu Fadliah.pdf
  Restricted Access
218430235-Tesis3.01 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.