Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/1175
Title: Implementasi Komunikasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Media PowerPoint Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas X SMAIT Buahati Jakarta Timur
Authors: Nadiroh, 218430237
Advisor: Abdul Halim Sholeh
Muh Ubaidillah Alghifary
Issue Date: 2020
Publisher: Pascasarjana Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta
Abstract: Tesis ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan komunikasi pembelajaran PAI berbasis media PowerPoint pada kelas X SMAIT Buahati dan untuk mengetahui minat belajar siswa kelas X SMAIT Buahati pada pembelajaran PAI dengan mengimplementasikan media powerpoint. Dalam tesis ini penulis menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif analitik. Metode ini mendeskripsikan data yang dikumpulkan berupa kata-kata dan gambar bukan berupa angka. Tempat penelitian adalah SMAIT Buahati Ciracas Jakarta Timur. Sumber data dalam penelitian ini terdiri dari data primer dan data sekunder. Data primer diambil dari wawancara dan dokumentasi, data sekunder diambil dari buku, jurnal dan tesis. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah pengaplikasian media PowerPoint sebagai media pembelajaran PAI pada siswa kelas X SMAIT Buahati menciptakan komunikasi yang aktif dan efektif dalam proses belajar-mengajar, sehingga dapat meningkatkan minat belajar siswa. Hal ini dikarenakan media PowerPoint memiliki keunggulan seperti mudah digunakan, menarik secara tampilan, serta mampu merangkum point-point penting materi pelajaran. Akan tetapi media PowerPoint bukanlah satu-satunya hal yang dapat meningkatkan minat belajar siswa. Ada pula faktor-faktor lain seperti guru yang komunikatif, suasana kelas dan lingkungan yang kondusif, serta keinginan dalam diri siswa itu sendiri untuk mewujudkan cita-cita mereka.
URI: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/1175
Appears in Collections:Tesis S2 Pendidikan Agama Islam

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
218430237-Nadiroh.pdf
  Restricted Access
218430237-Tesis4.44 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.