Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/1200
Title: Model Pembelajaran Sentra studi kasus SDIT Asy-syukriyyah Tangerang
Authors: Ana Shofiana, 15311466
Advisor: Esi Hairani
Issue Date: 18-Aug-2019
Publisher: Institut Ilmu Al Quran (IIQ) Jakarta
Abstract: Pendidikan membantu mengembangkan potensi diri anak. Guru merupakan kunci keberhasilan program pembelajaran. Guru dituntut secara professional untuk merancang pembelajaran yang efektif dan bermakna (menyenangkan) dalam pelaksanaan kurikulum 2013 melalui pendekatan-pendekatan yang sesuai. Model pembelajaran sentra adalah salah satu program yang selain menyenangkan juga menumbuh kembangkan karakter anak. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan sentra yang ada di SDIT Asy-syukriyyah Tangerang. Fokus dalam penelitian ini yaitu tentang persiapan, pelaksanaan, evaluasi dan faktor penghambat serta pendukung. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang bersifat deskriptif analisis. Dengan teknik pengumpulan data dengan melakukan wawancara, observasi dan dokumentas. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan bahwa model pembelajaran sentra yang diterapkan di SDIT Asy-syukriyyah menggunaka moving class dan ada delapan jenis sentra di kelas 1-3. Model pembelajaran sentra yang diterapkan telah berhasil menanamkan karakter-karakter yang edukatif pada diri anak. Karakter yang tertanam tampak terlihat dari perikalu anak yang ditunjukan selama proses pembelajaran. Model pembelajaran semtra di SDIT Asy-syukriyyah menggunakan semua pijakan yang telah ditetapkan oleh depdiknas. Kekompakan tim adalah faktor pendukung proses pembelajaran.
URI: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/1200
Appears in Collections:Skripsi S1 Pendidikan Agama Islam

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
15311466.pdf
  Restricted Access
9.09 MBAdobe PDFView/Open Request a copy
15311466_Publik.pdf
  Restricted Access
9.04 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.