Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/1223
Title: | Penerapan Metode Montessori dalam Mengembangkan Sikap Spiritual Siswa di SDS Citra Montessori School |
Authors: | Siti Munawaroh, 16311712 |
Advisor: | Alfun Khusnia |
Issue Date: | 2020 |
Publisher: | Institut Ilmu Al Quran (IIQ) Jakarta |
Abstract: | Metode Montessori merupakan metode yang menekankan pentingnya penyesuaian diri dari lingkungan belajar anak dengan tingkat perkembangannya, dan peran aktivitas fisik dalam menyerap konsep akademis dan keterampilan praktik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan metode Montessori dalam mengembangkan perilaku religius di SD Montessori. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi: wawancara, observasi, dan dokumen. Metode analisis data yang digunakan ada tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini dilakukan di SD Citra Montessori School dengan informan 3 orang yaitu kepala sekolah, guru PAI SDS Citra Montessori School, dan wali murid. Hasil penelitian menunjukkan penerapan metode Montessori dalam mengembangkan sikap spiritual pada siswa di SDS Citra Montessori School yakni melalui kegiatan menghargai anak, practical life, periode sensori motorik anak, mempersiapkan lingkungan, belajar sendiri (inner directed learning), serta pengalaman pada anak. Dengan penggunaan metode ini, anak-anak dapat belajar secara efisien serta dapat berkembang pesat dari berbagai aspek baik secara spiritual, afektif, kognitif, maupun motorik. |
URI: | http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/1223 |
Appears in Collections: | Skripsi S1 Pendidikan Agama Islam |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
16311712.pdf Restricted Access | 2.68 MB | Adobe PDF | View/Open Request a copy | |
16311712_Publik.pdf Restricted Access | 1.42 MB | Adobe PDF | View/Open Request a copy |
Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.