Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/1224
Full metadata record
DC Field | Value | Language |
---|---|---|
dc.contributor.advisor | Syahida Rena | - |
dc.contributor.advisor | Pahrurraji | - |
dc.contributor.author | Robiatul Adawiyah, 218430237 | - |
dc.date.accessioned | 2021-02-24T08:18:09Z | - |
dc.date.available | 2021-02-24T08:18:09Z | - |
dc.date.issued | 2020 | - |
dc.identifier.uri | http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/1224 | - |
dc.description.abstract | Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui integrasi sains dan agama dalam pendidikan Islam di era 4.0 di Yayasan Darul Qur’an Mulia Putri SMPIT Kelas IX Gunung Sindur – Bogor dan untuk mengetahui strategi integrasi di dalamnya melalui empat indikator, yaitu aspek kurikulum, aspek model pembelajaran, aspek SDM, dan aspek sarana prasarana. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif-kualitatif berdasarkan pada literature-literatur yang bertujuan untuk menemukan strategi-strategi untuk integrasi sain dan agama dalam pendidikan Islam di era 4.0. Proses penggalian data menggunakan metode Analytic Network Process (ANP). Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1). integrasi sains dan agama dalam pendidikan Islam di era 4.0 di Yayasan Darul Qur’an Mulia Putri SMPIT Kelas IX Gunung Sindur – Bogor adalah terdiri dari tiga integrasi, yaitu: a. integrasi Yayasan tersebut dengan sekolah terpadu yang di dalamnya ada tiga aspek; jasadiyah, fikriyyah, dan ruhiyyah, b. integrasi kurikulum yang terdiri dari kurikulum diknas, kurikulum pesantren, kurikulum tarbiyah, dan kurikulum Al-Qur’an, c. integrasi keterpaduan antara orang tua murid dan guru, kurikulum, dan konsep pendidikan, dan 2). strategi integrasi di dalam Yayasan tersebut melalui empat indikator, yaitu aspek kurikulum, aspek model pembelajaran, aspek SDM, dan aspek sarana prasarana adalah dengan tujuh strategi, yaitu: a. mendorong pengembangan integrasi antara keduanya di era 4.0, b. memilih pendidikan integrasi antara keduanya, c. inovasi pengembangan model pembelajaran, d. memberikan edukasi kepada SDM, e. memperkuat teknologi dan jaringan kepada instansi pendidikan Islam, f. inovasi integrasi keduanya melalui projectly time, dan g. memperkuat kompetensi SDM. | en_US |
dc.language.iso | id | en_US |
dc.publisher | Pascasarjana Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta | en_US |
dc.subject | Strategi Integrasi | en_US |
dc.subject | Sains dan Agama | en_US |
dc.subject | Pendidikan Islam Di Era 4.0 | en_US |
dc.title | Strategi Integrasi Sains dan Agama dalam Pendidikan Islam di Era 4.0 (Studi Kasus Yayasan Darul Qur'an Mulia Putri SMPIT Kelas IX Gunung Sindur-Bogor) | en_US |
dc.type | Tesis | en_US |
Appears in Collections: | Tesis S2 Pendidikan Agama Islam |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
218430237-Robiatul Adawiyah.pdf Restricted Access | 218430237-Tesis | 5.02 MB | Adobe PDF | View/Open Request a copy |
Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.