Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/1233
Title: Penanganan Perilaku Perundungan di Sekolah Dasar Memakai Metode Golden Circle (Studi di SDN Tanah Sereal 03 Pagi Jakarta)
Authors: Miskah Halimah, 217430207
Advisor: Erma Pawitasari
Pahrurraji
Issue Date: 2020
Publisher: Pascasarjana Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan penanganan perilaku perundungan di Sekolah Dasar Memakai Metode Golden Circle (studi di SDN Tanah Sereal 03 Pagi Jakarta). Penelitian yang digunakan yaitu metode penelitian kualitatif, agar peneliti mendapatkan informasi yang mendalam terkait penanganan perilaku perundungan di Sekolah tersebut. Adapun teknik pengumpulan data dengan obeservasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) tindakan perundungan yang terjadi di SDN Tanah Sereal 03 Pagi Jakarta adalah ada 4, yaitu mencari perhatian, hyperaktif, membahayakan diri sendiri dan orang lain, serta membantah guru, (2) strategi yang telah dicoba atau diterapkan oleh sekolah tersebut untuk mengurangi atau meniadakan perundungan adalah dengan diberikan nasihat, orang tua dipanggil, diberikan surat perjanjian, dan pemberhentian KJP. Adapun yang dilakukan oleh pihak-pihak terkait adalah dengan memberikan pembinaan dan arahan pada peserta didik atas hal tersebut, (3) proses penangganan perundungan dengan memakai metode Golden Circle yang terjadi di sekolah tersebut adalah belum berhasil, dan (4) adapun faktor – faktor keberhasilan metode Golden Circle yang diterapkan di sekolah tersebut belum sepenuhnya berhasil mengurangi perilaku perundungan. Dan faktor-faktor yang menghambatnya adalah keluarga yang kurang baik, lingkungan yang kurang baik, diri sendiri yang menutup diri, dan minimnya pendidikan agama.
URI: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/1233
Appears in Collections:Tesis S2 Pendidikan Agama Islam

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
217430207-Miskah Halimah.pdf
  Restricted Access
217430207-Tesis6.67 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.