Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/1233
Title: | Penanganan Perilaku Perundungan di Sekolah Dasar Memakai Metode Golden Circle (Studi di SDN Tanah Sereal 03 Pagi Jakarta) |
Authors: | Miskah Halimah, 217430207 |
Advisor: | Erma Pawitasari Pahrurraji |
Issue Date: | 2020 |
Publisher: | Pascasarjana Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta |
Abstract: | Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan penanganan perilaku perundungan di Sekolah Dasar Memakai Metode Golden Circle (studi di SDN Tanah Sereal 03 Pagi Jakarta). Penelitian yang digunakan yaitu metode penelitian kualitatif, agar peneliti mendapatkan informasi yang mendalam terkait penanganan perilaku perundungan di Sekolah tersebut. Adapun teknik pengumpulan data dengan obeservasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) tindakan perundungan yang terjadi di SDN Tanah Sereal 03 Pagi Jakarta adalah ada 4, yaitu mencari perhatian, hyperaktif, membahayakan diri sendiri dan orang lain, serta membantah guru, (2) strategi yang telah dicoba atau diterapkan oleh sekolah tersebut untuk mengurangi atau meniadakan perundungan adalah dengan diberikan nasihat, orang tua dipanggil, diberikan surat perjanjian, dan pemberhentian KJP. Adapun yang dilakukan oleh pihak-pihak terkait adalah dengan memberikan pembinaan dan arahan pada peserta didik atas hal tersebut, (3) proses penangganan perundungan dengan memakai metode Golden Circle yang terjadi di sekolah tersebut adalah belum berhasil, dan (4) adapun faktor – faktor keberhasilan metode Golden Circle yang diterapkan di sekolah tersebut belum sepenuhnya berhasil mengurangi perilaku perundungan. Dan faktor-faktor yang menghambatnya adalah keluarga yang kurang baik, lingkungan yang kurang baik, diri sendiri yang menutup diri, dan minimnya pendidikan agama. |
URI: | http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/1233 |
Appears in Collections: | Tesis S2 Pendidikan Agama Islam |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
217430207-Miskah Halimah.pdf Restricted Access | 217430207-Tesis | 6.67 MB | Adobe PDF | View/Open Request a copy |
Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.