Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/1271
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorSiti Rahma Aziz-
dc.contributor.authorKhairunnisa, 15311543-
dc.date.accessioned2021-06-10T04:13:49Z-
dc.date.available2021-06-10T04:13:49Z-
dc.date.issued2019-
dc.identifier.urihttp://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/1271-
dc.description.abstractPendidik dan metode merupakan aspek yang sangat penting dalam suatu pendidikan, jika pendidik menggunakan metode yang sesuai maka akan mudah peserta didik dalam menerima apa yang disampaikan. Salah satu kunci keberhasilan pengajaran yaitu bila mana seorang pendidik memiliki dan menguasai metodologi pengajaran secara baik. Namun seringkali terjadi pelaksanaan pengajaran yang tidak efektif karena didasari oleh ketidaksiapan pendidik dalam memilih metode. Akibatnya peserta didik mengalami ketidakfahaman atas penyampaian materi. Terutama pada pendidikan mata pelajaran Al-Qur‟an sebagian besar kurang memperhatikan akan keefektifitasan proses belajar mengajar, dengan pengertian dalam mata pelajaran ini lembaga-lembaga yang terkait hanya memfokuskan kegiatan belajar mengajarnya (KBM) saja dan tanpa disadari bahwa kedisiplinan dalam proses belajar mengajar sangat penting untuk terbentuknya efektifitas dalam belajar mengajar yang akan mempermudah berjalannya tujuan pendidikan. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif, lokasi peneliian di SDIT Ar-Rahman Petukangan Utara, di Jl. Palem I No. 45 A, Kecamatan Pesanggarahan, Jakarta Selatan. Objek penelitian adalah peserta didik SDIT Ar-Rahman. Dengan menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian pembelajaran Al-Qur‟an dengan metode Ummi sangatlah efektif terutama dalam segi pembiasaan kedisiplinan siswa. Dalam prosesnya di awal pembagian kelompok untuk mengetahui posisi belajarnya guru dan siswa melakukan MOU terkait tata tertib selama proses pembelajaran berlangsung dengan tujuan pembiasaan karakter disiplin siswa tidak hanya di lingkungan sekolah saja akan tetapi ketika berada di luar lingkungan sekolah siswa terbiasa dengan disiplin, baik disiplin waktu, disiplin tata tertib maupun disiplin ibadahnyaen_US
dc.language.isoiden_US
dc.publisherInstitut Ilmu Al Quran (IIQ) Jakartaen_US
dc.subjectEfektifitas pembelajaran Al-Qur’anen_US
dc.subjectpembiasaan karakter disiplinen_US
dc.subjectMetode Ummien_US
dc.titleEfektifitas Pembelajaran Al-Qur’an Metode Ummi Terhadap Kedisiplinan Siswa di SDIT Ar-Rahman Jakarta Selatanen_US
dc.typeSkripsien_US
Appears in Collections:Skripsi S1 Pendidikan Agama Islam

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
15311543.pdf
  Restricted Access
3.99 MBAdobe PDFView/Open Request a copy
15311543_Publik.pdf
  Restricted Access
1.88 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.