Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/1276
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorSyarif Hidayatullah-
dc.contributor.advisorHendra Kholid-
dc.contributor.authorNina Herliana, 217420307-
dc.date.accessioned2021-06-18T04:25:48Z-
dc.date.available2021-06-18T04:25:48Z-
dc.date.issued2020-
dc.identifier.urihttp://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/1276-
dc.description.abstractHasil penelitian menunjukkan, pertama ada 3 dasar hukum yang digunakan oleh gerai 212 Mart dalam penerapan jaminan produk halal, yaitu 1) Al-Qur’an dan Hadis 3) UU No. 33 Tahun 2014 dan 3) PP No. 31 Tahun 2019. Kedua, ada 2 mekanisme dalam penerapan jaminan produk halal, yaitu sebelum adanya BPJPH, pengurusannya melalui LPPOM MUI dan setelah adanya BPJPH, pengurusannya melalui BPJPH. Ketiga, penerapan undang-undang tidak berpengaruh positif dan negatif terhadap penjualan, baik sebelum dan sesudah undang-undang. Faktanya, tidak terjadi peningkatan dalam penjualan. Selanjutnya, penulis membandingkan dengan kajian pustaka sebelumnya yang membahas mengenai koperasi dan jaminan produk halal. Dari keseluruhan kajian pustaka, penulis sepakat dengan May Lim Charity yang dalam penelitiannya terkait “Jaminan Produk Halal di Indonesia (Halal Products Guarantee in Indonesia) bahwa dengan adanya berbagai macam peraturan tersebut, maka semakin mempertegas mengenai persoalan halal dan haram, dari pelaku usaha sampai konsumen. Tujuan dari peraturan tersebut adalah untuk melindungi konsumen yang beragama Islam dan juga sebagai strategi untuk menghadapi globalisasi. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan studi kasus. Penulis meneliti suatu fenomena yang terjadi di Gerai 212 Mart. Penelitian ini juga bersifat yuridis empiris, yaitu penelitian yang difokuskan untuk mengkaji mekanisme penerapan jaminan produk halal pada produk makanan dan minuman yang dijual pada gerai 212 Mart Pondok Ranji Tangsel, menurut perspektif Undang-Undang No. 33 Tahun 2014. Sumber primer berasal dari hasil wawancara, Undang-Undang, dan Peraturan Pemerintah. Sumber sekunder berasal dari website resmi, buku, dan jurnal.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.publisherPascasarjana Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakartaen_US
dc.subjectKoperasien_US
dc.subjectJaminan Produk Halalen_US
dc.subjectSertifikasi Halalen_US
dc.titlePenerapan Jaminan Produk Halal pada Bisnis Koperasi Syariah 212 Menurut Perspektif UU No 33 Tahun 2014 Tentang Jaminan Produk Halal (Studi Kasus pada Gerai 212 Mart Pondok Ranji, Tangerang Selatan, Banten)en_US
dc.typeTesisen_US
Appears in Collections:Tesis S2 Hukum Ekonomi Syariah

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
217420307-Nina Herliana.pdf
  Restricted Access
217420307-Tesis5.47 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.