Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/1290
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorAziz Fakhrurrozi-
dc.contributor.advisorOka Gunawan-
dc.contributor.authorMa'muroh, 213810093-
dc.date.accessioned2021-08-30T04:10:17Z-
dc.date.available2021-08-30T04:10:17Z-
dc.date.issued2017-
dc.identifier.urihttp://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/1290-
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam, khususnya aktualisasi nilai-nilai akhlak karimah dan ketaatan beragama di SMA Negeri 6 Tangerang Selatan. Pokok permasalahannya adalah bagaimana aktualisasi nilai-nilai Islam di SMAN 6 Tangsel yang dapat meningkatkan nilai-nilai akhlak dan ketaatan beragama. Metode yang digunakan adalah kualitatif dengan data berupa nilai, sikap, mental, kebiasaan, keyakinan, dan budaya dalam lingkungan tertentu. Dalam penelitian ini, peneliti menempuh 3 langkah, yaitu: (1), wawancara mendalam dengan stakeholder; (2) observasi pembelajaran di kelas, kegiatan ekstrakurikuler, program pembiasaan, praktik sosial-budaya, dan fasilitas sekolah; (3) studi dokumentasi. Peneliti juga menggunakan kuesioner dengan teknik purposes random sampling sebesar 20 % (69 responden) dari total populasi. Hasil analisis terhadap data primer dan data skunder menunjukkan bahwa nilai-nilai Islam yang diaktualisaikan di SMAN 6 Tangsel ialah nilai-nilai akhlak karimah yang menghargai persaudaran kepada sesama, toleransi, kasih sayang, dan peduli pada lingkungan; serta nilai-nilai religius yang menggugah kesadaran peserta didik untuk meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Allah Swt. dan membentuk kepribadian yang saleh secara individual dan secara sosial. Adapun aktualisasinya melalui kegiatan berikut: 1. Pimpinan sekolah SMAN 6 Tangsel menerapkan program penguatan nilai-nilai Islam dalam pembelajaran di kelas dan di luar kelas, seperti program Tilawah Al-Qur’an sebelum masuk sekolah, shalat zhuhur dan shalat Jumat, serta pembinaan rohani Islam. 2. Para guru PAI menerapkan metode keteladanan dalam pembelajaran serta mengajak guru lain untuk menguatkan nilai-nilai Islam. 3. Pembina Rohani Islam menumbuhkan kesadaran berinfak dan bersedekah kepada warga sekolah sehingga sekolah mampu mendirikan Masjid Al-Bayan dan membantu siswa yang kurang mampu, sedangkan para pembina ekstrakurikuler membantu aktualisasi nilai-nilai Islam melalui kegiatan ekstrakurikuler. Adapun data kuesioner persepsi siswa tentang nilai-nilai pendidikan Islam mencapai skor rata-rata 4.57 dalam skala 1-5, atau 91,4 %, sedangkan data kuesioner sikap siswa dalam mengaktualisasikan nilai-nilai Islam mencapai skor 4.11 dalam skala 1-5, atau 82,2 %.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.publisherProgram Pascasarjana Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakartaen_US
dc.subjectNilai-Nilai Islamen_US
dc.subjectPendidikan Agama Islamen_US
dc.subjectBudi Pekertien_US
dc.titleAktualisasi Nilai-Nilai Islam di SMA Negeri 6 Tangerang Selatan (Kajian Terhadap Buku Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti dan Aktualisasinya di SMA Negeri 6 Tangerang Selatan)en_US
dc.typeTesisen_US
Appears in Collections:Tesis S2 Pendidikan Agama Islam

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
213810093-Ma'muroh.pdf
  Restricted Access
213810093-Tesis4.33 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.