Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/1308
Title: Strategi Komunikasi Persuasif dalam Meningkatkan Penjualan Emas (Studi Kasus Toko Mas Sinar Simpati Cianjur
Authors: Neng Novi Naila Izzati, 17220059
Advisor: Upi Zahra
Issue Date: 2021
Publisher: Institut Ilmu Al Quran (IIQ) Jakarta
Abstract: Komunikasi merupakan hal yang paling penting dalam kehidupan sehari-hari. Tentunya setiap manusia ingin menciptakan komunikasi yang efektif, komunikasi bisa dikatakan efektif apabila komunikasi tersebut bisa menimbulkan pengaruh pada sikap seseorang. Upaya komunikasi untuk memengaruhi sikap seseorang ini kemudian disebut sebagai komunikasi persuasif. Komunikasi persuasif ini sering kita jumpai pada bidang bisnis atau berdagang. Teknik persuasi ini biasa digunakan untuk mengajak konsumen menggunakan produk atau jasa yang ditawarkan. Berdagang sangat dijunjung tinggi dalam agama Islam, karena berdagang ini merupakan aktualisasi seseorang dalam memenuhi kebutuhan hidupnya. Anjuran dalam berdagang ini ada dalam hadist Nabi SAW dan juga Al-Qur’an. Pada pandemi Covid-19 persaingan bisnis semakin ketat. Tentunya dalam penjualan emas di Toko Mas Sinar Simpati ini pun harus mempunyai strategi tersendiri untuk meningkatkan penjualannya. Para karyawan diberikan kemampuan strategi yang tepat untuk memengaruhi pembeli secara langsung sehingga komunikasi persuasif digunakan dalam hal ini. Berdasarkan latar belakang di atas, rumusan masalah pada penelitian ini yaitu, Bagaimana pelaksanaan strategi komunikasi persuasif pada Toko Mas Sinar Simpati dalam meningkatkan penjualannya? kemudian Apa saja hambatan komunikasi persuasif yang dilakukan karyawan Toko Mas Sinar Simpati dalam menarik pembeli untuk penjualan emasnya?. Metode yang penulis gunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif, dengan pendekatan fenomenologi. Teknik pengumpulan datanya melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dari penelitian ini diperoleh hasil bahwa, pertama, pelaksanaan strategi komunikasi persuasif dalam meningkatkan penjualan emas pada Toko Mas Sinar Simpati Cianjur menggunakan 5 teknik yang dipaparkan oleh William S. Howell, yaitu transfer, bandwagon technique, say it with flowers, don’t ask if ask which, Reassurance, dan 2 teknik dalam buku yang ditulis oleh Onong Uchjana Effendy yaitu teknik asosiasi dan teknik ganjaran. Kedua, hambatan komunikasi persuasif yang dilakukan Toko Mas Sinar Simpati dalam penjualan emasnya terbagi menjadi 3 yaitu, hambatan teknis, hambatan perilaku, dan hambatan semantik
URI: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/1308
Appears in Collections:Skripsi S1 Komunikasi dan Penyiaran Islam

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
17220059.pdf
  Restricted Access
1.5 MBAdobe PDFView/Open Request a copy
17220059_Publik.pdf
  Restricted Access
779.22 kBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.