Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/1334
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorFaza Karimatul Akhlak-
dc.contributor.authorMilatun Khasanah, 17311819-
dc.date.accessioned2021-09-09T08:29:04Z-
dc.date.available2021-09-09T08:29:04Z-
dc.date.issued2021-
dc.identifier.urihttp://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/1334-
dc.description.abstractMenurut pendapat sebagian masyarakat menghafal Al-Qur’an merupakan aktivitas sulit dan dirasa memberatkan. Dengan ini maka diperlukan metode menghafal Al-Qur’an yang mampu mensugesti bahwa menghafal Al-Qur’an itu menyenangkan. Seiring dengan berkembangnya kreasi-kreasi baru dalam metode dan sistem pengajaran yang dikembangkan oleh para praktisi di bidang Pendidikan Islam, metode-metode dalam pembinaan hafalan Al-Qur’an juga ikut mengalami perkembangan. Salah satu diantaranya adalah metode Jarimatika Al-Qur’an yang tengah diajarkan di MI Bait Qur’any. Metode jarimatika mempunyai pendekatan khusus yang dapat memberikan stimulus besar kepada para murid untuk senang menghafal Al-Qur’an menggunakan jari jemari tangan. Metode ini dikenal sebagai metode menghafal Al-Qur’an semudah menggerakan jari tangan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi metode Jarimatika Al-Qur’an dalam meningkatkan kemampuan menghafal Al-Qur’an di MI Bait Qur’any. Selain itu juga untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat implementasi metode Jarimatika dalam meningkatkan kemampuan menghafal Al-Qur’an di MI Bait Qur’any. Jenis penelitian ini termasuk penelitian lapangan (field research). Pendekatan penelitian ini termasuk kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang diperoleh kemudian dianalisis secara deskriptif melalui reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah: 1) Implementasi metode Jarimatika Al-Qur’an dalam meningkatkan kemampuan menghafal Al-Qur’an di MI Bait Qur’any adalah sebagai berikut: Talaqqi, muroja’ah, simaan, serta sistem setoran. Proses menghafal menggunakan metode Jarimatika ini dengan cara menghafal ayat Al-Qur’an di otak serta menunjuk ruas-ruas jari tangan kanan sebagai media penyimpanan data hafalan. 2) adapun faktor pendukung implementasi metode jarimatika dalam meningkatkan kemampuan menghafal Al-Qur’an yaitu guru, motivasi, pelatihan metode jarimatika, sarana prasarana dan kedisiplinan siswa. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu berasal dari orang tua dan ketidak tertiban siswa saat proses menghafal.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.publisherInstitut Ilmu Al Quran (IIQ) Jakartaen_US
dc.subjectPembelajaranen_US
dc.subjectTahfizh Al-Qur’anen_US
dc.subjectMetode Jarimatikaen_US
dc.titleImplementasi Metode Jarimatika Al-Qur’an dalam Meningkatkan Kemampuan Menghafal Al-Qur’an di MI Bait Qur’anyen_US
dc.typeSkripsien_US
Appears in Collections:Skripsi S1 Pendidikan Agama Islam

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
17311819.pdf
  Restricted Access
1.54 MBAdobe PDFView/Open Request a copy
17311819_Publik.pdf
  Restricted Access
705.65 kBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.