Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/1338
Full metadata record
DC Field | Value | Language |
---|---|---|
dc.contributor.advisor | Reksiana | - |
dc.contributor.author | Peggi Nur Islami, 17311831 | - |
dc.date.accessioned | 2021-09-09T08:41:20Z | - |
dc.date.available | 2021-09-09T08:41:20Z | - |
dc.date.issued | 2021 | - |
dc.identifier.uri | http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/1338 | - |
dc.description.abstract | Selama pandemi banyak perubahan yang ditemukan salah satunya yaitu perubahan dalam proses belajar mengajar. Dalam hal ini guru dapat menggunakan perangkat atau alat untuk melengkapi aktivitas pembelajaran yaitu media sosial. Media sosial merupakan media berbasis internet untuk berkomunikasi, untuk berbagi ilmu, serta mencari referensi belajar secara online. Dalam penggunaan aplikasi media sosial juga sangat mempengaruhi terhadap hasil belajar siswa. Hasil belajar siswa mempunyai arti yaitu Perubahan dalam hal kecakapan tingkah laku setelah proses belajar. Oleh karena itu, dalam mencapai hasil belajar siswa pada pembelajaran PAI dan Budi Pekerti di era pandemi, salah satu penggunaan media sosial seperti whatsApp dan youtube sangat di butuhkan untuk menunjang proses pembelajaran walaupun dari jarak jauh. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penggunaan media sosial whatsApp dan youtube dalam mencapai hasil belajar PAI di era pandemi pada siswa kelas VIII SMPN 13. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif, dengan metode deskriptif. Tempat penelitian dilakukan di SMPN 13 Tanjungpinang. Sumber data utama yaitu Guru mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti kelas VIII dan empat siswa kelas VIII SMPN 13 Tanjungpinang. Adapun sumber data sekunder dalam penelitian ini yaitu buku, jurnal, skripsi. Dan sumber dokumentasi berupa foto dari observasi yang dilakukan secara online. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, serta dokumentasi. Dan Teknik analisis data menggunakan model Miles dan Huberman yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan tahap terakhir penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan, bahwa guru menggunakan media sosial dalam mengahadapi pembelajaran pandemi, karena penggunaan media ini sangat penting. Dengan menggunakan media sosial kebutuhan belajar dan tujuan pembelajaran dapat tercapai. serta dengan penggunaan media sosial dapat mengukur capaian hasil belajar siswa di era pandemi. Kemudian dalam pembelajaran PAI dan Budi pekerti guru menggunakan media sosial berupa whatsApp dan youtube dan selama penggunaan aplikasi whatsApp dan youtube hasil belajar siswa mencapai nilai maksimal atau mencapai KKM. Hal tersebut dapat dilihat pada nilai raport siswa yang menyatakan capaian belajar siswa cukup baik. | en_US |
dc.language.iso | id | en_US |
dc.publisher | Institut Ilmu Al Quran (IIQ) Jakarta | en_US |
dc.subject | Media Sosial | en_US |
dc.subject | WhatsApp Youtube | en_US |
dc.subject | Youtube | en_US |
dc.subject | Hasil Belajar | en_US |
dc.title | Penggunaan Media Sosial Whatsapp Dan Youtube Dalam Mencapai Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam (PAI) Di Era Pandemi (Studi pada Kelas VIII SMPN 13 Tanjungpinang.) | en_US |
dc.type | Skripsi | en_US |
Appears in Collections: | Skripsi S1 Pendidikan Agama Islam |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
17311831.pdf Restricted Access | 2.78 MB | Adobe PDF | View/Open Request a copy | |
17311831_Publik.pdf Restricted Access | 1.36 MB | Adobe PDF | View/Open Request a copy |
Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.