Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/1341
Title: | “Pengaruh Self Concept Terhadap MinatMenjadi Guru (Studi Kasus Mahasiswi Tarbiyah Jurusan PAIAngkatan 2017/2018 di IIQ Jakarta) |
Authors: | Meisya AjengMismiani, 17311862 |
Advisor: | Faza Karimatul Akhlak |
Issue Date: | 2021 |
Publisher: | Institut Ilmu Al Quran (IIQ) Jakarta |
Abstract: | Skripsi ini di latar belakangi oleh peristiwa perbedaannya Minat mahasiswa dalam memilih suatu program/jurusan dalam suatu perguruan tinggi. Beberapa diantara mereka ada yang memilih suatu jurusan dikarenakan dorongan dari orang tua. Ada pula mahasiswa yang memilih jurusan karena dipengaruhi oleh adanya keinginan dalam diri pribadi individu itu sendiri yang telah dicita-citakan sejak lama. Namun selain itu juga masih banyak mahasiswa yang hanya mengikuti ajakan atau pengaruh dari teman sebaya, dan masih banyak lagi faktor lainnya. Maka pentingnya mahasiswi mengkonsep dirinya untuk mendukung minatnya menjadi seorang guru. Self Concept atau konsep diri merupakan pandangan seseorang terhadap dirinya sendiri. Bagaimana dia memandang dirinya sendiri dan ingin menjadi individu seperti apa sesuai dengan apa yang diinginkannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Self Concept terhadap minat menjadi guru pada Mahasiswi Tarbiyah Jurusan PAI Angkatan 2017/2018 di IIQ Jakarta. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode campuran dengan pendekatan kuantitatif deskriptif. Populasi dari penelitian ini adalah mahasiswi Jurusan Pendidikan PAI angkatan 2017/2018 sejumlah 115 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner (angket). Uji validitas instrumen menggunakan korelasi Product Moment, dan uji reliabilitas meng unakan rumus Alpha Cronbach‟s dengan jumlah responden 89 orang mahasiswa. Uji asumsi dasar analisis terdiri dari uji normalitas, uji linearitas dan uji heteroskedastisitas. Uji hipotesis penelitian ini adalah regresi linier sederhana. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Self Concept memiliki pengaruh yang cukup tinggi terhadap minat menjadi guru dengan hasil sebesar 47,2% dan selebihnya yang berjumlah sebesar 52,8% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti oleh peneliti |
URI: | http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/1341 |
Appears in Collections: | Skripsi S1 Pendidikan Agama Islam |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
17311862.pdf Restricted Access | 2.06 MB | Adobe PDF | View/Open Request a copy | |
17311862_Publik.pdf Restricted Access | 1.21 MB | Adobe PDF | View/Open Request a copy |
Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.