Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/1351
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorKurnia Akbar-
dc.contributor.authorIta Rahmawati, 17311781-
dc.date.accessioned2021-09-13T07:09:37Z-
dc.date.available2021-09-13T07:09:37Z-
dc.date.issued2021-
dc.identifier.urihttp://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/1351-
dc.description.abstractSeluruh dunia saat ini tengah dihadapkan dengan musibah pandemi Covid-19 termasuk salah satunya negara Indonesia. Krisis ini berhubungan dengan persoalan pendidikan. Sehingga kegiatan belajar mengajar yang beralih menjadi pembelajaran jarak jauh.Hal ini menyebabkan dampak yang terjadi pada pembelajaran program tahfizh Al-Qur’an di kelas 5 MI Emirattes. Faktor utama yang sangat mempengaruhi adalah dukungan dan aktifnya peran orang tua. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dampak pembelajaran daring terhadap program tahfizh Al-Qur’an. Masalah yang diangkat yaitu dampak pembelajaran daring terhadap program tahfizh Al-Qur’an kelas 5 di MI Emirattes Al-Mushonnif. Persamaan dalam penelitian ini dengan Skripsi karya Susan Rosmawati (Mahasiswi UIN Jakarta) yaitu menggunakan variabel program tahfizh, dan wajib di sekolah. kemudian menggunakan metode deskriptif kualitatif. Sedangkan perbedaannya terletak pada subjek penelitian yang diteliti oleh Susan yaitu Sekolah Menengah Pertama (SMP) sedangkan dalam penelitian yang diteliti adalah Madrasah Ibtidaiyah (MI). Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif, serta pendekatan penelitian pendekatan deskriptif. Sebagai sumber utama yaitu guru tahfizh. Sumber pendukung lainnya berupa buku-buku, untuk mendapatkan data dengan observasi ke sekolah, wawancara dengan kepala sekolah, guru tahfizh, wali murid kelas 5, dan siswa kelas 5 MI Emirattes Al-Mushonnif Islamic School Jakarta Selatan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dampak dari pembelajaran daring terhadap program tahfizh Al-Qur’an yaitu: Dampak negatif sebesar 70% siswa kelas 5 mengalami penurunan. Adapun dampak positifnya yaitu: sebesar 30% siswa di kelas 5 yang mengalami kenaikan dan bahkan ada yang melebihi dari pencapaian target. Pembelajaran daring ini dianggap kurang efektif dan banyak menghasilkan dampak negatifen_US
dc.language.isoiden_US
dc.publisherInstitut Ilmu Al Quran (IIQ) Jakartaen_US
dc.subjectDampaken_US
dc.subjectPembelajaran Daringen_US
dc.subjectProgram Tahfizh Al-Qur’anen_US
dc.titleDampak Pembelajaran Daring Terhadap Program Tahfizh Al-Qur’an Kelas 5 Di MI Emirattes Al Mushonnifen_US
dc.typeSkripsien_US
Appears in Collections:Skripsi S1 Pendidikan Agama Islam

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
17311781.pdf
  Restricted Access
2.56 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.