Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/1353
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorFaza Karimatul Akhlak-
dc.contributor.authorRoshiyati Annisa, 17311791-
dc.date.accessioned2021-09-13T07:15:57Z-
dc.date.available2021-09-13T07:15:57Z-
dc.date.issued2021-
dc.identifier.urihttp://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/1353-
dc.description.abstractKondisi pendidikan di dunia khususnya Indonesia dari tahun 2020 hingga saat ini masih dalam pelaksanaan pembelajaran daring dikarenakan wabah covid-19 yang masih tersebar di Indonesia. Hal ini mengaharuskan setiap lembaga pendidikan untuk melakukan kegiatan belajar mengajar (KBM) secara daring termasuk di sekolah MA Islamiyah Sawangan. Salah satu cara yang dilakukan guru akidah akhlak ialah dengan menerapkan gooogle classroom dalam proses pembelajaran akidah akhlak. Google classroom sebagai media teknologi untuk membantu proses pembelajaran siswa kelas XI di MA Islamiyah saat pembelajaran jarak jauh (PJJ) dalam pelaksanaanya guru dapat memberikan tugas dan materi pembelajaran Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan implementasi google classroom dalam proses pembelajaran akidah akhlak pada siswa kelas XI MA Islamiyah Sawangan. Dalam penelitian ini masalah yang di angkat adalah implementasi google classroom dalam proses pembelajaran akidah akhlak pada siswa kelas XI MA Islamiyah Sawangan. Terdapat Persamaan dalam penelitian ini dengan skripsi karya dari Anita Ningrum (IAIN Salatiga) yaitu variabel pelaksanaan pembelajaran google classroom dan metode yang digunakan kulitatif. Sedangkan perbedaannya ialah terletak di subjek penelitian, subjek yang diteliti oleh Anita Ningrum ialah Madrasah Tsanawiyah (MTS), sedangkan subjek penulis Madrasah Aliyah (MA). Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Informan dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru mata pelajaran akidah akhlak, dan tujuh orang siswa kelas XI MA Islamiyah Sawangan. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dengan reduksi data, penyajian data dan penyimpulan data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi implementasi google classroom dalam proses pembelajaran akidah akhlak pada siswa kelas XI MA Islamiyah Sawangan adalah: Keaktifan siswa kelas XI MA Islamiyah Sawangan dalam proses pembelajaran akidah akhlak dengan menggunakan google classroom selama pandemic ini berkurang. Dikarenakan beberapa kendala yang mengharuskan siswa kurang aktif dalam pembelajaran, seperti terkendala dengan jaringan dan sebagian siswa yang tidak mempunyai smartphone. Ketika ada nya pandemic maka seluruh kegiatan maupun pembelajaran akidah akhlak dilaksanakan secara daring dan kekatifan siswa pun berkurang sekitar 40%en_US
dc.language.isoiden_US
dc.publisherInstitut Ilmu Al Quran (IIQ) Jakartaen_US
dc.subjectGoogle Classroomen_US
dc.subjectKeaktifanen_US
dc.subjectAkidah Akhlaken_US
dc.titleImplementasi Google Classroom Dalam Proses Pembelajaran Akidah Akhlak Pada Siswa Kelas XI MA Islamiyah Sawangan Depoken_US
dc.typeSkripsien_US
Appears in Collections:Skripsi S1 Pendidikan Agama Islam

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
17311791.pdf
  Restricted Access
2.77 MBAdobe PDFView/Open Request a copy
17311791_Publik.pdf
  Restricted Access
1.75 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.