Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/1362
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorAlfun Khusnia-
dc.contributor.authorKhofifah Nuroniyah, 17311814-
dc.date.accessioned2021-09-13T08:00:52Z-
dc.date.available2021-09-13T08:00:52Z-
dc.date.issued2021-
dc.identifier.urihttp://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/1362-
dc.description.abstractPenelitian ini dilatarbelakangi karena munculnya beberapa lembaga pendidikan Islam yang menerapkan model segregasi kelas berdasarkan jenis kelamin. Penerapan model ini salah satunya bertujuan untuk memotivasi siswa dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bahwasannya implementasi segregasi kelas berdasarkan jenis kelamin dapat meningkatkan motivasi belajar siswa kelas VIII di SMPIT Ash-Shibgoh Tangerang. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Penelitian ini berlokasi di SMPIT Ash-Shibgoh Tangerang. Sumber data utama adalah Kepala Sekolah, Waka Kurikulum, Guru Kelas VIII dan Siswa Kelas VIII. Adapun sumber sekunder adalah buku, jurnal, skripsi. Teknik Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi segregasi kelas berdasarkan jenis kelamin dapat meningkatkan motivasi belajar siswa baik motivasi intrinsik maupun motivasi ekstrinsik. Dari aspek intrinsik ditandai dengan 1) hasrat dan keinginan berhasil dalam belajar yang tinggi, 2) dorongan dan kebutuhan dalam belajar yang kuat, 3) harapan dan cita-cita masa depan yang baik. Adapun dari aspek ekstrinsik ditandai dengan 1) siswa lebih antusias dalam pembelajaran, 2) lebih nyaman berada di dalam kelas, 3) lebih konsentrasi dalam belajar, serta 4) lebih percaya diri dan aktif di kelas. Selain itu, Jika dilihat dari hasil belajar atau nilai rata-rata, siswa dan siswi kelas VIII SMPIT Ash-Shibgoh Tangerang mempunyai hasil belajar yang baik, yakni nilai raport yang diperoleh siswa dan siswi kelas VIII mencapai nilai Kriteria Ketuntasan Minimal atau KKM bahkan di atas nilai KKM. Siswa dan siswi kelas VIII SMPIT Ash-Shibgoh Tangerang juga mempunyai nilai rata-rata yang tinggi dalam satu kelas, yakni 81,93 nilai rata-rata siswi perempuan dan 82,82 nilai rata-rata siswa laki-laki. Hal ini menunjukkan bahwa siswa dan siswi kelas VIII SMPIT Ash-Shibgoh Tangerang mempunyai motivasi belajar yang tinggi walaupun berada dalam segregasi kelas berdasarkan jenis kelaminen_US
dc.language.isoiden_US
dc.publisherInstitut Ilmu Al Quran (IIQ) Jakartaen_US
dc.subjectSegregasi Kelasen_US
dc.subjectJenis Kelaminen_US
dc.subjectMotivasi Belajaren_US
dc.titleImplementasi Segregasi Kelas Berdasarkan Jenis Kelamin Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas VIII di SMPIT Ash-Shibgoh Tangerangen_US
dc.typeSkripsien_US
Appears in Collections:Skripsi S1 Pendidikan Agama Islam

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
17311814.pdf
  Restricted Access
3.31 MBAdobe PDFView/Open Request a copy
17311814_Publik.pdf
  Restricted Access
841.05 kBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.