Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/1364
Full metadata record
DC Field | Value | Language |
---|---|---|
dc.contributor.advisor | Sri Tuti Rahmawati | - |
dc.contributor.author | Nurdiani Caesaria, 17311829 | - |
dc.date.accessioned | 2021-09-13T08:12:40Z | - |
dc.date.available | 2021-09-13T08:12:40Z | - |
dc.date.issued | 2021 | - |
dc.identifier.uri | http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/1364 | - |
dc.description.abstract | Adapun yang melatar belakangi penulis dalam melakukan penelitian ini adalah pesatnya perkembangan teknologi memberikan dampak positif maupun negatif dalam dunia pendidikan. Sehingga guru PAI sebagai tenaga profesional haruslah menunjukkan kualitas pekerjaannya dengan baik agar tercaPAInya tujuan pendidikan. Sehubungan dengan konsep guru profesional tidak akan terlepas dari keteladanan yang telah dijelaskan dalam Al-Qur‟an, salah satunya Al-Qalam ayat 1-4, sehingga penulis tertarik untuk menelaah lebih dalam mengenai konsep profesionalisme guru PAI di Era digital dalam QS. Al-Qalam ayat 1-4. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konsep profesionalisme guru PAI di Era dalam QS. al-Qalam ayat 1-4 dan untuk mengetahui relevansi konsep profesionalisme guru PAI dalam QS. al-Qalam ayat 1-4 pada pendidikan Era Digital. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian kepustakaan (library research). Sumber data primer diperoleh dari kitab-kitab terjemah tafsir al-Maraghi, tafsir Ibnu Kaṡir, Tafsir al-Miṣbah dan tafsir Departemen Agama. Sedangkan sumber data sekunder diperoleh dari buku-buku atau karya tulis yang mendukung temuan untuk dijadikan penguat atau pelengkap dari data primer. Teknik pengumpulan datanya menggunakan teknik dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa konsep profesionalisme guru PAI dalam QS. Al-Qalam ayat 1-4 ialah terdapat 3 unsur penting yang harus dimiliki oleh guru PAI yang profesional diantaranya; 1) Penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi, 2) Guru harus memiliki kesehatan baik jasmani maupun rohani, 3) Guru harus memiliki budi pekerti yang baik sebagaimana yang telah dicontohkan oleh Nabi Muhammad SAW. Ketiga unsur ini telah mencakup pada dua kompetensi yang harus dimiliki guru prorofesional yaitu kompetensi profesional dan kompetensi kepribadian, sebagaimana dijelaskan dalam peraturan Undang-undang tentang Guru dan Dosen pasal 10 ayat 1. Adapun relevansinya dengan pendidikan di Era digital ialah sangat relevan melihat dari kemajuan sekaligus kemunduran pendidikan di Era digital yang mengharuskan guru untuk terus meningkatkan skill dan kemampuannya dibidang ilmu pengetahuan dan teknologi, sekaligus sebagai suri tauladan bagi peserta didik. | en_US |
dc.language.iso | id | en_US |
dc.publisher | Institut Ilmu Al Quran (IIQ) Jakarta | en_US |
dc.subject | Profesionalisme Guru | en_US |
dc.subject | Pendidikan Agama Islam | en_US |
dc.subject | Era Digital | en_US |
dc.title | Konsep Profesionalisme Guru PAI di Era digital (Studi Analisis QS. Al-Qalam ayat 1-4) | en_US |
dc.type | Skripsi | en_US |
Appears in Collections: | Skripsi S1 Pendidikan Agama Islam |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
17311829.pdf Restricted Access | 2.07 MB | Adobe PDF | View/Open Request a copy | |
17311829_Publik.pdf Restricted Access | 1.17 MB | Adobe PDF | View/Open Request a copy |
Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.