Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/1365
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorSiti Istiqomah-
dc.contributor.authorSari Sartika Lubis, 17311834-
dc.date.accessioned2021-09-15T05:02:15Z-
dc.date.available2021-09-15T05:02:15Z-
dc.date.issued2021-
dc.identifier.urihttp://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/1365-
dc.description.abstractPenelitian ini dilatar belakangi dengan belum maksimalnya pelaksanaan strategi pembelajaran di era pandemi covid-19. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui penerapan startegi pembelajaran yang dilakukan oleh sekolah khususnya guru PAI dalam mengatasi kesulitan kegiatan belajar mengajar di kelas 4 SD Dua Mei Ciputat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Tempat penelitian di SD Dua Mei Ciputat. Teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi.m sumber data primer berasal dari kepala sekolah, guru PAI, dan murid kelas 4, sedangkan sumber data sekunder berasal dari data-data sekolah, buku, jurnal, artikel dan skripsi. Teknik analisis data menggunakan model reduksi data, penyajian data, dan verifukasi data atau kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan strategi pembelajaran kontekstual sudah berjalan dengan baik. Hai ini dilihat dari beberapa aspek, yaitu guru PAI telah menyusun perencanaan strategi pembelajaran pada era pandemi covid-19, meminimalisir kesulitan dalam kegiatan belajar mengajar online dan bekerja sama dalam kegiatan belajar mengajar online bersama orang tua siswa. Penerapan strategi pembelajaran kontekstual juga telah meningkatkan pemahaman belajar siswa kelas 4 pada pelajaran PAI. Pembelajaran PAI sudah berjalan dengan baik walaupun terkadang dalam pelaksanaanya terdapat sedikit kendala. Adapaun faktor pendukung dalam melaksanakan pembelajaran online untuk memnimalisir kesulitan yang meliputi Inovasi Strategi Pembelajaran, Bantuan fasilitas Wifi sekolah terhadap guru dan Koordinasi yang baik antara orang tua dan guru. Sedangkan faktor penghambatnya jaringan internet yang kurang stabil, adanya beberapa orang tua yang belum mengerti dalam penggunaan internet dan kompetensi siswa menurun.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.publisherInstitut Ilmu Al Quran (IIQ) Jakartaen_US
dc.subjectStrategi Pembelajaranen_US
dc.subjectEra Pandemi Covid-19en_US
dc.titleStrategi Pembelajaran Guru PAI dalam Mengatasi Kesulitan Kegiatan Belajar Mengajar di Kelas 4 SD Dua Mei Ciputat pada Era Pandemi Covid-19en_US
dc.typeSkripsien_US
Appears in Collections:Skripsi S1 Pendidikan Agama Islam

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
17311834.pdf
  Restricted Access
2.45 MBAdobe PDFView/Open Request a copy
17311834_Publik.pdf
  Restricted Access
1.12 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.