Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/1366
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorDewi Maharani-
dc.contributor.authorTahiyah, 17311836-
dc.date.accessioned2021-09-15T05:07:49Z-
dc.date.available2021-09-15T05:07:49Z-
dc.date.issued2021-
dc.identifier.urihttp://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/1366-
dc.description.abstractPenerapan pembelajaran menghafal Al-Qur`ān Juz 30 di TPQ At-Thohiriyyah menggunakan metode jama’ yaitu dilaksanakan dengan cara peserta didik membaca Al- Qur`ān secara bersama-sama dan dipandu oleh seorang guru serta menggunakan metode talaqqi yakni dilakukan dengan cara peserta didik maju secara bergantian kemudian peserta didik membacakan hafalannya dan guru mengoreksinya secara langsung. Dalam penerapan metode jama’ dan talaqqi ini terdapat beberapa permasalahan diantaranya adalah kurangnya kreativitas dalam mengembangkan metode jama’ dan talaqqi, serta sebagian guru yang kurang memperhatikan peserta didik ketika pembelajaran sedang berlangsung. Sehingga dalam proses pembelajaran diperlukan seorang guru yang kreatif dan ahli di bidang Al- Qur`ān. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana implementasi metode jama’ dan talaqqi dalam pembelajaran taḥfiẓ Al-Qur`ān juz 30 di TPQ At-Thohiriyyah Songgom Brebes. Pelaksanaan pembelajaran taḥfiẓ Al-Qur`ān di TPQ At-Thohiriyyah dengan menggunakan metode jama’ dan talaqqi kurang berhasil. Agar tujuan pembelajaran dapat tercapai para guru di TPQ At-Thohiriyyah selain menggunakan metode jama’ dan talaqqi dalam pembelajaran Taḥfiẓ Al-Qur`ān juga menggunakan metode lain yakni menggunaka metode Tilawati. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah jenis penelitian kualitatif dan pendekatan deskriptif. Penelitian ini berlokasi di TPQ At-Thohiriyyah Songgom Brebes. Sumber data utamanya adalah Kepala Madrasah, Guru Taḥfiẓ, dan siswa kelas III. Teknik pengumpulan data yang digunakan oleh penulis dalam pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Data penelitian yang telah terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan teknik analisis data, yaitu teknik reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Temuan dalam penelitian ini menunjukkan bahwa dalam pelaksanaan pembelajaran taḥfiẓ Al-Qur`ān juz 30 di TPQ At-Thohiriyyah menggunakan dua metode yakni metode jama’ dan metode talaqqi akan tetapi hasil dari pelaksanaannya kurang berhasil. Target pencapaian yang harus diselesaikan oleh peserta didik adalah juz 30 dalam kurun waktu 3 tahun. Namun peserta didik yang dapat menyelesaikan target tersebut masih terbilang sedikit. Hal ini dikarenakan dilihat dari sisi kemampuan membaca dan menghafal yang masih rendah serta mayoritas usia peserta didik di TPQ At-Thohiriyyah yang masih tergolong dini. Sehingga ekspektasi sebagian guru yang mulanya ingin melatih peserta didik dalam membaca dan menghafal Al-Qur`ān menjadi menurunen_US
dc.language.isoiden_US
dc.publisherInstitut Ilmu Al Quran (IIQ) Jakartaen_US
dc.subjectmetode Jamaen_US
dc.subjectTalaqqien_US
dc.subjectPembelajaran Taḥfiẓ Al-Qur`ānen_US
dc.titleImplementasi Metode Jama’ dan Talaqqi dalam Pembelajaran Taḥfiẓ Al-Qur`ān Juz 30 di TPQ At-Thohiriyyah Songgom Brebesen_US
dc.typeSkripsien_US
Appears in Collections:Skripsi S1 Pendidikan Agama Islam

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
17311836.pdf
  Restricted Access
1.35 MBAdobe PDFView/Open Request a copy
17311836_Publik.pdf
  Restricted Access
535.49 kBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.