Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/1367
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorEsi Hairani-
dc.contributor.authorAkmalita Rosyida, 17311839-
dc.date.accessioned2021-09-15T05:13:36Z-
dc.date.available2021-09-15T05:13:36Z-
dc.date.issued2021-
dc.identifier.urihttp://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/1367-
dc.description.abstractPandemi Covid-19 telah menyebar ke indonesia pada awal maret 2020. Penyebaran virus corona-19 ini berimbas kepada semua faktor diantaranya yaitu faktor sosial, faktor ekonomi dan faktor pendidikan. Kondisi pandemi covid-19 ini mengakibatkan perubahan yang luar biasa, seolah seluruh jenjang pendidikan bertransformasi untuk beradaptasi secara tiba-tiba untuk melakukan pembelajaran dari rumah melalui media daring (online). Untuk itu penulis tertarik untuk meneliti terkait bagaimana pelaksanaan pembelajaran daring terhadap prestasi belajar PAI siswa pada jenjang sekolah dasar di masa pandemi covi-19. Persamaan penelitian yang telah ada dengan penulis yaitu sama-sama membahas tentang implementasi pembelajaran secara daring selama pandemi covid-19. Perbedaan penelitiannya yaitu membahas tentang mata pelajaran PJOK sedangkan penulis yaitu mata pelajaran pendidikan agama Islam selain itu peneliti menggunakan pendekatan kuantitatif sedangkan penulis menggunakan pendekatan kualitatif. Skripsi ini meneliti tentang bagaimana penerapan pembelajaran daring dan apa saja faktor penghambat dan pendukung dalam mencapai prestasi belajar PAI siswa di SDN Pisangan 03 Ciputat Timur Tangerang Selatan. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif dengan sumber data primer dari Kepala Sekolah, Guru Pai, siswa dan siswi SDN Pisangan 03. Teknik pengumpulan data yang dipakai yaitu Observasi, Wawancara dan Dokumentasi Hasil penelitian ini yaitu Dalam pelaksanaan pembelajaran daring SDN Pisangan 03 menetapkan kebijakan Sesuai dengan surat edaran menteri pendidikan dan kebudayaan No. 4 tahun 2020 tentang pelaksanaan kebijakan pendidikan dalam masa darurat penyebaran covid-19. Bahwa pembelajaran dilaksanakan secara daring dengan menggunakan media WhatsApp. Penerapan pembelajaran daring di SDN Pisangan 03 belum berjalan secara maksimal karena melihat kesulitan-kesulitan yang siswa hadapi, maka dari itu hal ini berakibat kepada pencapain prestasi Belajar PAI Siswa selama pembelajaran daring yaitu stabil, tidak naik maupun tidak turun. Adapun faktor pendukung dalam penerapan pembelajaran daring terhadap prestasi belajar PAI siswaa di SDN Pisangan 03 yaitu peran guru, peran orang tua dan fasilitas. Sedangkan faktor penghambat dalam penerapan pembelajaran daring terhadap prestasi belajar PAI siswa di SDN Pisangan 03 yaitu peran diri sendiri, peran guru, orang tua, dan fasilitas yang memadaien_US
dc.language.isoiden_US
dc.publisherInstitut Ilmu Al Quran (IIQ) Jakartaen_US
dc.subjectPembelajaran daringen_US
dc.subjectPandemi Covid-19en_US
dc.subjectPrestasi Belajaren_US
dc.titleImplementasi Pembelajaran Daring Dalam Mencapai Prestasi Belajar PAI Siswa di SDN Pisangan 03 Ciputat Timur Tangerang Selatanen_US
dc.typeSkripsien_US
Appears in Collections:Skripsi S1 Pendidikan Agama Islam

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
17311839.pdf
  Restricted Access
2.42 MBAdobe PDFView/Open Request a copy
17311839_Publik.pdf
  Restricted Access
748.9 kBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.