Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/1376
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorAdithiya Warman-
dc.contributor.authorSilvi Salamah, 17311872-
dc.date.accessioned2021-09-15T07:13:02Z-
dc.date.available2021-09-15T07:13:02Z-
dc.date.issued2021-
dc.identifier.urihttp://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/1376-
dc.description.abstractPenelitian ini dilatarbelakangi menurunnya semangat siswa MA Al-Hamidiyah dalam belajar. Siswa cenderung lebih pasif ketika di dalam kelas dan kurang percaya diri ketika ditanya oleh guru. Cara mengajar guru yang monoton membuat siswa menjadi cepat bosan. Sesuai dengan jadwal Rencana Kegiatan Mingguan (RKM) di MA Al-Hamidiyah, diterapkannya model pembelajaran inkuiri dalam mata pelajaran Al-Qur‟an Hadis di kelas XI yang bertujuan agar siswa dapat aktif dan berpikir kritis selama kegiatan pembelajaran. Tujuan dibuatnya skripsi ini adalah untuk mengetahui bagaimana Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Pembelajaran Al-Qur‟an Hadis pada siswa kelas XI MA AL-Hamidiyah, Depok. Perbedaan dengan penelitian sebelumnya yaitu penelitian ini membahas salah satu fungsi model pembelajaran Inkuiri yaitu untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis. Selain itu penelitian ini juga meneliti mata pelajaran Al-Qur‟an Hadits, dimana penelitian sebelumnya lebih banyak meneliti di luar pelajaran Agama Islam. Metode yang digunakan juga menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK). Metode penelitian yang dipakai adalah metode penelitian kelas, dengan pendekatan kualitatif dan dengan jenis penelitian lapangan (Field Research). pendekatan kualitatif ini dipilih oleh penulis berdasarkan tujuan penelitian yang ingin mendapatkan gambaran proses penerapan model pembelajaran Inkuiri dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis pada pembelajaran Al-Qur‟an Hadits di kelas XI MA Al-Hamidiyah Depok. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dari bulan Oktober 2020, MA Al-Hamidiyah sudah menerapkan model pembelajaran Inkuiri dengan tujuan agar siswa lebih aktif lagi ketika di kelas. siswa kelas XI MA Memiliki kemampuan sangat baik dalam memahami Al-Qur‟an Hadits mengenai Etos Kerja, memiliki kemampuan sangat baik dalam memahami Al-Qur‟an Hadits mengenai makanan halal, memiliki cukup dan perlu dimaksimalkan kemampuan dalam mengidentifikasi konsep syukur nikmat dalam Al-Qur‟an, memiliki cukup kemampuan dalam mengidentifikasi bentuk-bentuk tanggung jawab dan memiliki keterampilan cukup dalam menulis ayat-ayat Al-Qur‟an. Jadi penerapan Inkuiri dalam pembelajaran Al-Qur‟an Hadits di kelas XI MA sudah baik dan mampu dalam berpikir kritis berupa memahami dan mengidentifikasi bentuk-bentuk masalah materi yang diajarkan guru.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.publisherInstitut Ilmu Al Quran (IIQ) Jakartaen_US
dc.subjectModel Pembelajaran Inkuirien_US
dc.subjectMeningkatkan Berpikir Kritisen_US
dc.subjectPembelajaran Al-Qur‟an Haditsen_US
dc.titlePenerapan Model Pembelajaran Inkuiri untuk Meningkatkan Berpikir Kritis Mata Pelajaran Al-Qur‟an Hadits Pada Siswa Kelas XI MA Al-Hamidiyah Depok-Jawa Baraten_US
dc.typeSkripsien_US
Appears in Collections:Skripsi S1 Pendidikan Agama Islam

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
17311872.pdf
  Restricted Access
2.6 MBAdobe PDFView/Open Request a copy
17311872_Publik.pdf
  Restricted Access
1.37 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.