Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/1377
Title: Penerapan Muhadatsah Bahasa Arab dalam Menunjang Pembelajaran PAI di SMP AQL Islamic School 2 Purwakarta, Jawa Barat
Authors: Vina Faujiah, 17311876
Advisor: Adithiya Warman
Issue Date: 2021
Publisher: Institut Ilmu Al Quran (IIQ) Jakarta
Abstract: Latar Belakang penulis melakukan penelitian adalah dalam pembelajaran PAI, Al-Qur‟an dan Hadits merupakan sumber dalil yang paling kuat. Oleh karena itu perlu pelajaran-pelajaran yang menunjang pembelajaran PAI dan yang paling terpenting adalah pembelajaran bahasa arab, di SMP AQL Islamic School Purwakarta, Jawa Barat, bahasa arab menjadi bahasa keseharian dan bahasa untuk penyampaian pelajaran bagi siwa khususnya dalam penyampaian mata pelajaran PAI. Sesuai analisa penulis kelas VII merupakan siswa baru yang perlu beradaptasi dengan lingkungan bahasa dan penyampaian pembelajaran pelajaran PAI menggunakan bahasa arab. Rumusan Masalah penelitian adalah bagaimana penerapan muhadatsah bahasa arab dalam menunjang pembelajaran PAI di SMP AQL Islamic School Purwakarta, Jawa Barat. Tujuan Penelitian penulis adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan muhadatsah bahasa arab dalam menunjang pembelajaran PAI di SMP AQL Islamic School 2 Purwakarta. Metode Penelitian yang penulis gunakan adalah penelitian kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research) dimana penulis secara langsung turun ke lapangan. Hal ini dikarenakan penulis mendeskripsikan gambaran lengkap mengenai penerapan muhadatsah bahasa arab dalam menunjang pembelajaran PAI. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik Analisa data menggunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan muhadatsah bahasa arab dalam menunjang pembelajaran PAI di SMP AQL Islamic School 2 Purwakarta, Jawa Barat, Penerapan muhadatsah bahasa arab siswa sudah baik, dan ini memiliki korelasi dengan kesungguhan siswa dalam menghafal mufrodat yang telah diberikan kepada siswa, dan ini akan berdampak kepada penunjangan pembelajaran PAI untuk memahami Al-Qur‟an dan Hadist secara mudah dan benar di SMP AQL Islamic School 2 Purwakarta, Jawa Barat.
URI: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/1377
Appears in Collections:Skripsi S1 Pendidikan Agama Islam

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
17311876.pdf
  Restricted Access
1.87 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.