Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/1406
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorAhmad Dimyati Badruzzaman-
dc.contributor.advisorPahrurroji-
dc.contributor.authorIis Istiqomah, 219430250-
dc.date.accessioned2021-09-18T04:33:32Z-
dc.date.available2021-09-18T04:33:32Z-
dc.date.issued2021-
dc.identifier.urihttp://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/1406-
dc.description.abstractKebutuhan sumber daya manusia setiap saat mengalami perubahan sebab kehidupan ini sangat dinamis. Banyak para pendidik yang belum memahami hakikat pendidik dan karakteristik yang harus dimiliki seorang pendidik sehingga kurang maksimal dalam mendidik generasi bangsa. Kembali pada ajaran tasawuf menjadi solusi alternatif dalam menghidupkan ruh pendidikan. Banyak tokoh sufi yang menawarkan solusi persoalan tersebut, salah satunya adalah Maulana Jalaluddin Rumi. Tujuan dari penelitian tesis ini adalah untuk mengetahui hakikat pendidik dan karakteristik pendidik perspektif sufistik Maulana Jalaluddin Rumi. Dalam kajian terdahulu, ada penelitian yang telah dilakukan oleh Muhammad Harjuna dalam tesisnya yang berjudul “Teologi Kerukunan dalam Perspektif Kerukunan (Studi Atas Pemikiran Jalaluddin Rumi)“. Adapun persamaan tesis tersebut dengan tesis penulis adalah sama-sama mengkaji pemikiran Jalaluddin Rumi dengan metode penelitian Kualitatif library research, tapi dalam objek kajian yang berbeda, yakni, dalam tesis tersebut objek yang dikaji adalah tentang teologi kerukunan, sedangkan dalam tesis penulis objek kajiannya adalah tentang hakikat pendidik. Metodologi yang digunakan dalam tesis ini adalah kualitatif dengan pendekatan library research dengan menganalisis karya-karya Jalaluddin Rumi dan menuangkannya dalam bentuk analisis hakikat pendidik perspektif Jalaluddin Rumi. Berdasarkan hasil penelitian, penulis mengambil kesimpulan sebagai berikut: Hakikat pendidik menurut Jalaluddin Rumi yakni ada tiga, yaitu Allah Swt., Rasulullah Saw., dan ulama, sedangkan terdapat tiga karakteristik pendidik menurut Jalaluddin Rumi, yaitu hati yang suci, ikhlas dalam mengagungkan agama Nabi Muhammad, dan mencintai muridnya karena Allah.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.publisherPascarajana Institut Ilmu Al-Quran (IIQ) Jakartaen_US
dc.subjectHakikat Pendidiken_US
dc.subjectSufistiken_US
dc.subjectJalaluddin Rumien_US
dc.titleHakikat Pendidik dalam Perspektif Sufistik Maulana Jalaluddin Rumien_US
dc.typeTesisen_US
Appears in Collections:Tesis S2 Pendidikan Agama Islam

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
219430250 - Iis Istiqomah.pdf
  Restricted Access
219430250-Tesis1.57 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.