Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/1441
Title: Dampak Literasi Ekonomi dan Keuangan Syariah pada Generasi Milenial Terhadap Tingkat Kepemilikan Rekening di Bank Syariah (Studi Kasus pada S2 Hukum Ekonomi Syariah Pasca Sarjana Institut Ilmu Al-Quran Jakarta)
Authors: Fida Afifah Rahmah, 14110757
Advisor: Syarif Hidayatullah
Issue Date: 2021
Publisher: Institut Ilmu Al Quran (IIQ) Jakarta
Abstract: Penelitian ini mengetahui pemahaman generasi milenial terhadap literasi keuangan, khususnya terhadap mahasiswa/I program pascasarjana HES IIQ Jakarta. Pertanyaan utama yang ingin dijawab melalui penelitian ini adalah 1) Bagaimana pemahaman generasi milenial terhadap literasi ekonomi syariah? 2) Bagaimana pengaruh literasi ekonomi syariah pada kehidupan generasi milenial? 3) Apakah dampak keputusan dari pemhaamn literasi ekonomi syariah terhadap keputusan memiliki rekening di bank syariah? Literasi keuangan merupakan upaya untuk menghilangkan segala bentuk hambatan terhadap akses masyarakat dalam memanfaatkan layanan jasa keuangan. Salah satunya faktor yang berpengaruh terhadap keberhasilan upaya inklusi keuangan ini adalah tingkat literasi keuangan masyarakat yang menunjukkan kemampuan atau tingkat pemahaman masyarakat tentang pengelolaan keuangan yang baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat literasi keuangan syariah pada generasi milenial terhadap tingkat kepemilikan rekening di Bank Syariah ada S2 Hukum Ekonomi Syariah Pasca Sarjana Institut Ilmu Al-Quran Jakarta. Jenis penelitian ini kualitatif, metode wawancara online dengan responden. Hasil menunjukkan bahwa kategori literasi baik sebnayak 50%, cukup baik 40% dan kurang baik 10% dengan total responden sebanyak enam orang.
URI: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/1441
Appears in Collections:Skripsi S1 Hukum Ekonomi Syariah

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
14110757.pdf
  Restricted Access
1.48 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.