Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/1462
Title: Implementasi Nilai-Nilai Pendidikan Multikultural di Sekolah (Studi Kasus SMA Kharisma Bangsa Global Education Kota Tangerang Selatan)
Authors: Hidayatur Rohmah, 218430217
Advisor: Syahida Rena
Pahrurraji
Issue Date: 2021
Publisher: Pascarajana Institut Ilmu Al-Quran (IIQ) Jakarta
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis mengenai implementasi nilai-nilai pendidikan multikultural di SMA Kharisma Bangsa Global Education Kota Tangerang Selatan dan mengetahui hambatan serta tantangan implementasi pendidikan multikultural di sana. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Sumber data diperoleh dari sumber data primer (Kepala Sekolah, Guru PAI, Staff Akademik dan Peserta Didik Kharisma Bangsa) dan sumber data sekunder yaitu dari beberapa buku-buku dan lainnya yang mendukung data primer. Teknik pengumpulan data yang digunakan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Kemudian dari beberapa data yang telah didapatkan penulis melakukan teknik analisis data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1). implementasi nilai-nilai pendidikan multikultural di SMA Kharisma Bangsa Global Education Kota Tangerang Selatan adalah nilai demokrasi, humanisme dan toleransi serta pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) yang multikultural. Nilai-nilai tersebut diimplementasikan melalui pendekatan whole school approach, dan 2). hambatan dan tantangan dalam implementasi nilai-nilai pendidikan multikutural di SMA Kharisma Bangsa adalah adaptasi peserta didik awal masuk sekolah, digital literasi multikultural, dan kesadaran pemahaman tentang pendidikan multikultural.
URI: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/1462
Appears in Collections:Tesis S2 Pendidikan Agama Islam

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
218430217-Hidayatur Rohmah.pdf
  Restricted Access
218430217-Tesis5.71 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.