Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/1482
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorAhmad Hawasi-
dc.contributor.authorGaluh Widya Murti, 17210828-
dc.date.accessioned2021-10-26T08:35:33Z-
dc.date.available2021-10-26T08:35:33Z-
dc.date.issued2021-
dc.identifier.urihttp://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/1482-
dc.description.abstractPenelitian Living Qur`an dalam skripsi ini membahas tentang bagaimana kegiatan menghafal Al-Qur`an. Kegiatan menghafal Al-Qur`an yang berkembang di tengah masyarakat sangat bermacam-macam dan tidak jarang mempengaruhi pola pikir dan tradisi yang yang berkembang di suatu tempat dan kelompok tertentu. Tulisan ini berangkat dari terjadinya fenomena menghafal di beberapa tempat, membuat banyak sekolah non-pesantren ikut menghadirkan kegiatan menghafal untuk siswa-siswinya. Hal ini menimbulkan banyak ragam makna terhadap Al-Qur`an terutama dalam menghafalnya. Kegiatan tahfiz Al-Qur`an ini menjadi salah satu program unggulan di MTs Al-Musyarrofah sebagai bentuk untuk membangun karakter generasi masa kini yang berakhlakul karimah dan cinta Al-Qur`an. Masalah yang diangkat dalam penelitian ini adalah bagaimana kegiatan tahfiz Al-Qur`an hidup dan dimanfaatkan dalam kehidupan sehari-hari oleh siswa-siswi dan madrasah MTs Al-Musyarrofah dan apa problematika yang dialami siswa-siswi dalam menghafal. Penelitian mengenai tahfiz Al-Qur`an yang sudah banyak diteliti terutama dalam dunia akademik dan mahasiswa. Namun, yang menjadi perbedaan dalam penelitian ini adalah objek yang diteliti yaitu Madrasah Tsanawiyah yang menghadirkan kegiatan tahfiz Al-Qur`an disela pelajaran sekolah lain. Penelitian ini menggunakan field research yaitu penelitian lapangan untuk mengidentifikasi permasalahan dalam penelitian. Dengan menggunakan metode desktriptif kualitatif yang berdasar pada studi living Qur`an yaitu teori fenomenologi Edmund Husserl. Sedangkan sumber data primer penelitian ini adalah data hasil wawancara terhadap siswa-siswi MTs Al-Musyarrofah Jakarta Selatan. Dan data sekundernya adalah literatur pendukung berbentuk dokumen atau pustaka sebagai pelengkap penelitian dan teori-teori yang terdapat dalam penelitian ini. Kegiatan tahfiz Al-Qur`an di MTs Al-Musyarrofah sebelum memulai menghafal siswa-siswi terlebih dahulu melaksanakan sholat dhuha dan muraja`ah. Kegiatan tersebut sangat bermanfaat bagi pembiasaan siswa-siswi sebagai pendukung untuk menjadikan mereka generasi yang berakhlakul karimah. Problematika kegiatan tahfiz Al-Qur`an yang sering dialami yaitu, rasa bosan dan malas, keterbatasan waktu, dan pengaruh lingkungan. Sedangkan solusi yang di lakukan: siswa-siswi diberitahu pemahaman sesungguhnya menghafal Al-Qur`anen_US
dc.language.isoiden_US
dc.publisherInstitut Ilmu Al Quran (IIQ) Jakartaen_US
dc.subjectResepsi Tahfizen_US
dc.subjectTeori Resepsien_US
dc.titleKegiatan Tahfiz Al-Qur’an (Kajian Living Qur’an di MTs Al-Musyarrofah Jakarta Selatan)en_US
dc.typeSkripsien_US
Appears in Collections:Skripsi S1 Ilmu Al-Quran dan Tafsir

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
17210828.pdf
  Restricted Access
2.08 MBAdobe PDFView/Open Request a copy
17210828_Publik.pdf
  Restricted Access
1.3 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.